Profil 2 Menteri Era Jokowi yang Merupakan Alumni SMA 3 Semarang

Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:42 WIB
loading...
Profil 2 Menteri Era Jokowi yang Merupakan Alumni SMA 3 Semarang
Menkeu Sri Mulyani kembali memamerkan potret keakrabannya dengan Menlu Retno LP Marsudi. Keduanya memang bersahabat sejak duduk di bangku SMA 3 Semarang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - SMA 3 Semarang dikenal sebagai salah satu sekolah favorit yang ada di Jawa Tengah. Sekolah ini berada di Jalan Pemuda No.149, Kota Semarang. Tercatat, sekolah yang berdiri pada tahun 1877 dan dikenal dengan nama SMA Bodjong ini melahirkan banyak alumni yang sukses dalam kariernya.

Bca juga: Qonita, Alumni Unhas Sukses Raih Gelar Doktor di Irlandia Pada Usia 25 Tahun

Sebut saja dua orang menteri yang masuk dalam jajaran pemerintahan Joko Widodo , yaitu Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri. Keduanya ini memang sudah dikenal bersahabat sejak lama. Tak jarang, mereka kerap menghabiskan waktu bersama dan mengunggah momennya di akun instagram pribadinya masing-masing. Berikut profil singkatnya.

1. Sri Mulyani

Perempuan bernama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini lahir pada 26 Agustus 1962. Dia merupakan anak ketujuh dari Prof. Satmoko dan Retno Sriningsih.

Dalam riwayat pendidikannya, Sri Mulyani pernah mengenyam pendidikan di SMA 3 Semarang pada 1978 hingga 1981. Setelah itu, dia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada 1986.



Tak sampai disitu, dia melanjutkan pendidikan di University of Illinois of Policy Economics dan mendapat gelar Master of Science of Policy Economics pada 1990. Setelahnya dia juga mendapat gelar Ph.D of Economics pada tahun 1992.

Dalam perjalanan kariernya, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan era SBY, sebelum akhirnya menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia pada Juni 2010. Beberapa tahun setelahnya, Presiden Joko Widodo memanggil Sri Mulyani untuk pulang dan menjadikannya sebagai Menteri Keuangan RI dan masih bertahan hingga kini.

Sepanjang kariernya, Sri Mulyani kerap mendapat berbagai penghargaan tingkat dunia. Dia pernah dinobatkan menjadi Menteri Keuangan terbaik Asia pada 2006 versi Emerging Markets serta masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)