FKG Unpad Tawarkan Program Pertukaran Mahasiswa ke Malaysia dan Jepang

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:02 WIB
loading...
A A A
Lebih jauh mengenai International Undergraduate Program (IUP) FKG Unpad, Ketua Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi Dr. Asty Samiati Setiawan menyampaikan kurikulum OBE (Outcome Based Education) yang menjadi acuan pembelajaran FKG Unpad.

Menurutnya, kurikulum OBE (Outcome Based Education) merupakan kurikulum yang berbasis pengetahuan dan praktikal sehingga diharapkan menambah kompetensi mahasiswa ketika lulus nanti. “OBE juga memunculkan inovasi dan interaksi antara mahasiswa dan dosen yang harapannya para lulusan dapat langsung bekerja. Selain itu OBE juga didukung dengen metode student center learning sehingga pengajar hanya mengarahkan apa yang dipelajari oleh mahasiswa,” tambahnya.

Kurikulum OBE yang ditawarkan FKG Unpad salah satunya adalah exchange program pada semester VIII yang bersamaan dengan undergraduate thesis (skripsi). Keistimewaan exchange program ini adalah kesempatan yang hanya diberikan pada mahasiswa IUP. Sedangkan untuk metode pembelajaran yang diterapkan adalah student center learning dengan berbasis pada problem based learning dari permasalah kesehatan yang ada di sekeliling.

Testimoni juga diberikan oleh beberapa alumni IUP yang dulu lebih dikenal dengan KPBI (Kelas Pengantar Berbahasa Inggris). “IUP ini agak berbeda (pembelajaran dan sistem), dengan based learning system Saya rasa selama 5 tahun mengikuti pendidikan IUP membuat saya menjadi dokter gigi yang kompeten, saya sudah siap setelah saya lulus dan mengikuti pendidikan untuk mempersiapkan saya menjadi seorang dokter gigi,” ujar Dr. Sharifah Wadeah Wafa alumni angkatan 2004 asal Malaysia.

Ketentuan pendaftaran IUP dapat diakses lebih lengkap melalui laman https://smup.unpad.ac.id/international-student/international-undergraduate-program-iup/.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)