Kisah Perjuangan Peserta UTBK 2022, Belajar Keras agar Lolos Psikologi UI

Selasa, 17 Mei 2022 - 20:16 WIB
loading...
Kisah Perjuangan Peserta UTBK 2022, Belajar Keras agar Lolos Psikologi UI
Peserta UTBK SBMPTN 2022 di UI memasuki ruangan secara bertahap. Foto/MPI/Rizky Syahrial.
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa baru mulai hari ini mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Ujian hari ini pun dibagi dua sesi yaitu pada pagi dan siang hari.

Sebelum UTBK berlangsung di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FIK UI), semua peserta diingatkan mempersiapkan semua kebutuhan, misalnya memastikan membawa kartu tanda identitas serta mengisi berkas yang diperlukan.

Ketika diwawancarai sebelum ujian, salah satu peserta, Janu mengaku sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, contohnya dengan belajar secara keras. Bahkan dalam belajar itu, ia sempat pusing.

Baca: Cerita 2 Peserta UTBK UI yang Hampir Telat Masuk karena Macet dan Nyasar

"Sempat pusing saya, tidak biasa belajar melalui online. Kan saya juga gap year, jadi belajar baru beberapa bulan," ujarnya kepada MPI, Selasa (17/5/2022).

Janu mengaku, meskipun sempat menjalani gap year. Namun kesempatan itu membuatnya dapat belajar lebih banyak sebelum mengikuti tes UTBK SBMPTN 2022.

"Beberapa materi sudah lumayan saya kuasai walaupun agak susah belajarnya. Saya mau masuk UI jurusan Psikologi," katanya menambahkan.

Baca juga: Antusias, 12.232 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK-SBMPTN 2022 di UGM

Firman yang juga merupakan peserta juga sempat begadang ketika belajar sebelum UTBK SBMPTN. Hal itu dikarenakan, ia tetap mementingkan kesehatan sebelum melaksanakan ujian.

"Sempat begadang semalam. Capek juga dan mikir kesehatan saya, jadi jam 12 malam saya sudah tidur," katanya menuturkan.

Firman menambahkan, ia tidak pernah mengikuti kegiatan bimbingan belajar dari luar sekolah, sebelum melakukan tes UTBK ini.

"Engga saya ga pernah ikut bimbel. Jadi belajar sendiri aja di rumah," tuturnya.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1366 seconds (10.55#12.26)