Antisipasi Kecurangan, UTBK 2022 Digelar Lebih Ketat

Kamis, 19 Mei 2022 - 10:02 WIB
loading...
Antisipasi Kecurangan, UTBK 2022 Digelar Lebih Ketat
Plt Dirjen Diktiristek Nizam meninjau UTBK di UI dan UNJ. Foto/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 gelombang pertama masih berlangsung di 74 lokasi. UTBK 2022 yang berlangsung di masa pandemi pun digelar lebih ketat untuk antisipasi kecurangan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Nizam juga melakukan peninjauan pelaksaaan UTBK SBMPTN di Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan UTBK SBMPTN berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan baik dalam hal penyelenggaraan tes, penerapan protokol kesehatan, maupun sistem keamanan ujian untuk mencegah terjadinya kecurangan.

“Melalui berbagai perbaikan yang dilakukan setiap tahun, saya yakin bahwa pelaksanaan UTBK tahun 2022 ini dapat berjalan semakin baik dan lancar. Apresiasi LTMPT yang selama ini penuh dedikasi mengembangkan sistem ujian nasional ini sehingga kredibilitas dan integritasnya selalu terjaga,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (19/5/2022).

Baca: Pantau Ujian di UI, Dirjen Diktiristek Harap UTBK 2022 Tanpa Kecurangan dan Perjokian

Lebih lanjut Nizam menjelaskan, sebagai upaya mengantisipasi kecurangan ujian, SOP yang diberlakukan sebelum peserta masuk ke ruang ujian semakin ketat, antara lain dengan adanya pemeriksaan menggunakan alat metal detector. Nizam berharap peserta UTBK dapat terseleksi dengan baik tanpa adanya kecurangan, contek-mencontek, perjokian dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi bersama-sama pusat UTBK yang terdapat di 74 PTN untuk menyelenggarakan UTBK SBMPTN sesuai dengan standar dan SOP yang telah ditentukan. Hal ini untuk mencegah dan meminimalkan praktek-praktek kecurangan dalam pelaksanaan UTBK.

“LTMPT setiap tahun berusaha mencegah dan meminimalkan kecurangan. Tahun ini lebih ketat, peserta ujian masuk ruang ujian hanya dengan peralatan yang diperlukan saja. Kita juga gunakan metal detector sebelum peserta masuk ruang ujian,” ungkap Budi.

Baca juga: Hari Kedua UTBK di UI, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Peserta Sebelum Ujian

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris menyebutkan bahwa UI menyiapkan 1.309 fasilitas komputer untuk pelaksanaan UTBK. Haris berharap di tahun mendatang UI dapat melaksanakan UTBK dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi sehingga dapat memenuhi kebutuhan jumlah peserta UTBK.

Pada tahun 2022, total peserta UTBK mencapai angka 800.858 peserta yang dibagi ke dalam gelombang 1 dan gelombang 2. UTBK 2022 gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang 2 akan dilaksanakan pada 28 Mei-3 Juni 2022. Peserta-peserta ini akan melaksanakan UTBK pada 74 pusat UTBK dan dan 34 sub pusat UTBK.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1464 seconds (10.101#12.26)