Guru Penggerak, Membuka Ruang Inovasi melalui Fleksibilitas Pembelajaran

Senin, 22 Juni 2020 - 13:21 WIB
loading...
Guru Penggerak, Membuka Ruang Inovasi melalui Fleksibilitas Pembelajaran
Program Guru Penggerak akan menyeleksi dan membuat program untuk peningkatan kualitas guru.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menerus memperbaiki sistem pedidikan guna mewujudkan pendidikan terbaik bagi seluruh siswa. Salah satunya membuat Program Guru Penggerak.

Program Guru Penggerak akan menyeleksi dan membuat program untuk peningkatan kualitas guru. Seleksi guru penggerak berasal dari eksternal maupun internal, Guru penggerak mengajar di Center of Excellence (CoE) dan PPG.

Program Guru Penggerak sudah digaungkan dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat peringatan Hari Guru Nasional pada November 2019 terasa relevan ketika dihadapkan dengan situasi wabah Covid-19, di mana pembelajaran harus bisa dilakukan secara lentur atau fleksibel. Tak harus kaku di dalam kelas. Program ini merupakan ejawantah dari konsep merdeka belajar. Semangat dari Program Organisasi Penggerak adalah bahwa unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru dan muridnya punya kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif.

Program Guru Penggerak dengan demikian akan memecah kebekuan dan membuka ruang seluas-luasnya untuk inovasi. Guru Penggerak diharapkan mampu mengambil tindakan yang muaranya memberikan hal yang terbaik untuk peserta didik. Program Guru Penggerak mengutamakan murid dari apa pun, bahkan dari kariernya, mengutamakan murid dan pembelajaran murid. “Karena itu mengambil tindakan-tindakan tanpa disuruh, diperintah, untuk melakukan yang terbaik. Ada juga yang namanaya orang tua penggerak. Falsafahnya sama, semua yang terbaik untuk anak,” terang Nadiem.

“Saya masih belum tahu jumlahnya berapa untuk guru penggerak. Tergantung siapa yang siap maju dan bergerak. Kalau di tiap sekolah ada paling tidak satu, harapannya minimal jumlah sekolah ya, 250.000 sampai 300.000, itu bisa kita dapatkan dalam 5 tahun ke depan. Itu bukan sesuatu yang cepat, sesuatu yang langsung dapat. Pertama, mereka harus menyadari apa sih perannya dan kita membantu untuk mereka bergerak. Kedua, dari sisi regulasi dan birokrasi kita harus bantu guru. PR kita banyak, regulasi dan kebijakan yang mungkin tidak memberikan mereka ruang inovasi,”terang Mendikbud Nadiem dalam laman Kemendikbud.go.id

“Untuk tahun 2020 mencari sebanyak mungkin guru-guru penggerak, untuk menjadi gurunya guru. Itu dulu. Proses identifikasi yang tersulit, secara skala nasional. Masalahnya guru yang terbaik untuk ngajar guru lain biasanya berasal dari daerah yang sama. Karena ada berbagai macam adat dan asas-asas yang menjadikan relasi itu lebih enak,” jelas Nadiem.

Guru penggerak yang ‘diproduksi’ Program Organisasi Penggerak diharapkan menginisiasi lahirnya Sekolah Penggerak. Kemudian Sekolah Penggerak akan menggerakkan sekolah lain di dalam ekosistemnya sehingga menjadi penggerak selanjutnya.

Program Organisasi Penggerak sejatinya adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Pada 2020-2022 Program Organisasi Penggerak akan meningkatkan kompetensi 50.000 guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di 5.000 PAUD, SD dan SMP, serta juga menyasar satuan pendidikan pada jenis pendidikan khusus/luar biasa.

Pelaksanaan Program Organisasi Penggerak dilakukan dengan melibatkan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, terutama organisasi-organisasi yang sudah memiliki rekam jejak yang baik dalam implementasi program pelatihan guru dan kepala sekolah, dengan tujuan meningkatnya kemampuan profesional para pendidik dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Melalui Program Organisasi Penggerak, menurut Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano sekolah dituntut untuk memiliki empat komponen, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga terciptanya komunitas penggerak di lingkungan sekolah.

Sekolah penggerak sebagai katalis serta dapat menggerakkan sekolah-sekolah lain. Untuk kepala sekolah diharapkan memahami proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan kemampuan guru-guru dalam mengajar (instructional leader). Untuk guru diharapkan berpihak kepada anak didik dan mengajar sesuai tahap perkembangan siswa (teach at the right level). Untuk siswa diharapkan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global. Sedangkan komunitas berisikan segenap orang tua, tokoh, serta organisasi masyarakat menyokong sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.

Kemendikbud mengundang para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak.Untuk guru, kepala sekolah, atau praktisi pendidikan, yuk! daftarkan dirimu di laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ mulai Senin, 15 Juni.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)