Pakar Unpad Sampaikan Kiat Persiapan Fisik dan Mental bagi Peserta UTBK

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:53 WIB
loading...
Pakar Unpad Sampaikan Kiat Persiapan Fisik dan Mental bagi Peserta UTBK
Persiapan fisik dan mental bagi peserta UTBK. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 memiliki kesan dan pengalaman tersendiri bagi peserta. Beragam persiapan dilakukan peserta agar berhasil lulus dan diterima ke perguruan tinggi tujuan. Acapkali persiapan tersebut melahirkan stres .

Menurut Dosen Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran ( Unpad ) Karolina L. Dalimunthe acapkali ketika menghadapi ujian, pelajar menjadi lebih siaga dan tergugah untuk bisa melalui dan menyelesaikannya dengan baik. Kondisi kesiagaan ini bisa menciptakan stres yang positif maupun negatif.

Stres yang berpengaruh positif kerap disebut sebagai eustress, atau kondisi stres yang mampu memberi energi dan motivasi saat menghadapi suatu tantangan tertentu. Sementara stres negatif kerap disebut sebagai distress, atau kondisi stres yang lebih banyak memberikan efek buruk/negatif pada seseorang.

“Sebagian besar pelajar tentunya merasakan stres ini. Namun, tidak semua pelajar akan jatuh pada distress karena mereka dapat memakai stres ini untuk memotivasi dalam menyiapkan diri menghadapi ujian,” ucap Karolina, melansir laman resmi Unpad, Sabtu (21/5/202).

Baca: Ini Cerita Peserta Difabel yang Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di UI

Karena itu, selain persiapan belajar terkait materi yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN 2022, peserta juga perlu mempersiapkan hal di luar materi ujian, baik fisik maupun mental. Persiapan fisik di antaranya tidur yang cukup serta memastikan untuk sarapan atau makan siang sebelum ujian. Sementara persiapan mental adalah memanfaatkan dan mengarahkan energi/motivasi pelajar untuk bisa menyiapkan segalanya dengan baik.

Mulai dari mengingatkan diri untuk mematuhi peraturan ujian yang ditetapkan, membawa persyaratan ujian, serta menyiapkan diri untuk fokus menghadapi ujian.

“Jika pun ada kekhawatiran terkait kemampuan untuk menjawab soal dengan benar atau ketakutan tertentu terkait dengan materi dan pelaksanaan ujian, peserta dapat mencoba memitigasi hal tersebut sambil mengembangkan cara untuk menenangkan diri dan tetap fokus pada ujian yang akan dan sedang dihadapi,” papar Karolina.

Baca juga: Antusias, 12.232 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK-SBMPTN 2022 di UGM

Mitigasi yang dilakukan bisa berupa latihan pernapasan, olah badan, hingga beragam cara mandiri yang bisa dilakukan untuk membuat badan tetap rileks tanpa terlalu dibebani kekhawatiran dan ketakukan pada hal buruk.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1394 seconds (10.55#12.26)