9 Tips Daftar PTS Biar Tidak Salah Pilih

Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:20 WIB
loading...
9 Tips Daftar PTS Biar Tidak Salah Pilih
9 tips mendaftar PTS biar tidak salah pilih. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian besar siswa di Indonesia masih memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melanjutkan studinya. Masalah biaya dan juga pamor diterima di PTN kerap menjadi alasannya.

Padahal dari segi daya tampung PTN melalui beberapa jalur penerimaan seperti SNMPTN, SBMPTN, maupun mandiri hanya tersedia 20 % hingga 40%. Itulah sebabnya siswa yang tidak diterima di PTN bisa melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

PTS di Indonesia sejatinya memiliki program-program unggulan yang tidak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. Lalu bagaimana kiat untuk memilih PTS yang berkualitas? Dilansir dari laman Ruangguru, berikut ini sembilan tips yang bisa disimak.

Baca: Orang Tua, Ini Pentingnya Literasi di Era Digital

1. Peringkat kampus

Semakin tinggi peringkat dari PTS tersebut, tentu kualitasnya juga berarti semakin bagus. Walaupun begitu, masih banyak yang mengabaikan peringkat suatu kampus karena dinilai kurang begitu penting. Untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi baik secara nasional ataupun internasional kalian bisa melihatnya di banyak lembaga, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya.

2. Akreditasi kampus

Selain peringkat, kalian juga perlu mencari tahu akreditasinya. Akreditasi ini akan menentukan sebuah perguruan tinggi itu berkualitas atau tidak. Ada yang belum tahu apa itu akreditasi?

Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Semakin tinggi akreditasinya, maka tentu citra dan lulusannya juga akan semakin berkualitas. Biasanya perusahaan juga mensyaratkan karyawan yang diterima minimal harus berasal dari institusi berkualitas baik.

Akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Untuk melihat peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi bisa dilihat di laman resmi BAN-PT.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2148 seconds (11.210#12.26)