9 Tips Daftar PTS Biar Tidak Salah Pilih

Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:20 WIB
loading...
9 Tips Daftar PTS Biar Tidak Salah Pilih
9 tips mendaftar PTS biar tidak salah pilih. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian besar siswa di Indonesia masih memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melanjutkan studinya. Masalah biaya dan juga pamor diterima di PTN kerap menjadi alasannya.

Padahal dari segi daya tampung PTN melalui beberapa jalur penerimaan seperti SNMPTN, SBMPTN, maupun mandiri hanya tersedia 20 % hingga 40%. Itulah sebabnya siswa yang tidak diterima di PTN bisa melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

PTS di Indonesia sejatinya memiliki program-program unggulan yang tidak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. Lalu bagaimana kiat untuk memilih PTS yang berkualitas? Dilansir dari laman Ruangguru, berikut ini sembilan tips yang bisa disimak.

Baca: Orang Tua, Ini Pentingnya Literasi di Era Digital

1. Peringkat kampus

Semakin tinggi peringkat dari PTS tersebut, tentu kualitasnya juga berarti semakin bagus. Walaupun begitu, masih banyak yang mengabaikan peringkat suatu kampus karena dinilai kurang begitu penting. Untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi baik secara nasional ataupun internasional kalian bisa melihatnya di banyak lembaga, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya.

2. Akreditasi kampus

Selain peringkat, kalian juga perlu mencari tahu akreditasinya. Akreditasi ini akan menentukan sebuah perguruan tinggi itu berkualitas atau tidak. Ada yang belum tahu apa itu akreditasi?

Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Semakin tinggi akreditasinya, maka tentu citra dan lulusannya juga akan semakin berkualitas. Biasanya perusahaan juga mensyaratkan karyawan yang diterima minimal harus berasal dari institusi berkualitas baik.

Akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Untuk melihat peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi bisa dilihat di laman resmi BAN-PT.

3. Akreditasi jurusan atau program studi

Walaupun kampus yang dipilih sudah terakreditasi baik, tetapi belum tentu jurusannya juga bagus. Maka kalian harus benar-benar jeli dalam memilih jurusan. Pastikan akreditasi jurusan pilihanmu juga baik karena akan sangat mempengaruhi dalam mencari pekerjaan nantinya. Akreditasi jurusan ini juga bisa dilihat di laman BAN-PT.

Baca juga: UI Jadi yang Terbanyak Mengirimkan Mahasiswa ke Luar Negeri Melalui IISMA

4. Keberhasilan alumninya

Kiprah atau keberhasilan alumni dari suatu PTS juga penting untuk dipertimbangkan. Jika kampus tersebut memiliki banyak alumni yang berprestasi, maka bisa dipastikan bahwa PTS ini memang memiliki kualitas yang baik. Citra dari alumni juga akan sangat berdampak di dunia kerja bagi para fresh graduate dari PTS tersebut.

5. Biaya kuliah

Pasti banyak di antara kamu yang berpikir bahwa biaya kuliah di PTS sangatlah mahal. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Biasanya PTS menawarkan fasilitas yang sangat baik, sehingga biaya kuliahnya pun lebih mahal. Namun, tak semua PTS mempunyai biaya kuliah yang lebih mahal dibanding PTN. Banyak juga PTS dengan biaya kuliah yang lebih murah serta peluang beasiswa yang terbuka untuk para mahasiswanya.

6. Lokasi kampus

Coba deh cari tahu dan pastikan lagi, apakah di sekitar daerah tempat tinggal atau di provinsi domisilimu saat ini terdapat PTS yang berkualitas atau tidak. Jika tidak ada, baru kamu mencari PTS di luar daerah atau bahkan di luar pulau tempat tinggalmu. Penting untuk kamu melakukan riset ini karena akan menyangkut biaya yang nantinya akan kamu keluarkan selama berkuliah. Misalnya saja biaya hidup, biaya kos, Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan lainnya.

7. Usia kampus

Buat apa sih melihat usia kampus? Nah, mungkin banyak di antara kalian yang berpikiran bahwa usia PTS itu nggak penting. Jangan salah! Logikanya semakin tua usia suatu PTS maka dapat kita simpulkan bahwa PTS tersebut memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga masih banyak orang yang memilih PTS tersebut.

8. Fasilitas kampus

Kelengkapan fasilitas juga penting banget untuk dipertimbangkan dalam memilih sebuah PTS. Mulai dari fasilitas kampus hingga fasilitas jurusan wajib kamu ketahui. Misalnya saja laboratorium untuk kalian yang ingin memilih jurusan Saintek.

9. Meminta rekomendasi mahasiswa dan alumni

Untuk meminta pertimbangan lebih lanjut, jangan sungkan untuk mencari review PTS yang dituju dari mahasiswa atau alumni-alumninya. Pengalaman dari mereka yang sudah benar-benar merasakan dinamika perkuliahan di PTS tersebut akan sangat membantu. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan banyak insight yang sebenarnya tentang kehidupan kamu di kampus nantinya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)