Orang Tua, Begini Kiat Mendidik Anak di Era Digital

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:14 WIB
loading...
Orang Tua, Begini Kiat Mendidik Anak di Era Digital
Kiat mendidik anak di era digital. Foto/Baby Chick.
A A A
JAKARTA - Hadirnya teknologi digital memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun di sisi lain jika tidak dikontrol, teknologi justru bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak .

Sebut saja kecanduan teknologi yang mengakibatkan kelelahan fisik, gangguan sosial yang membuat anak menjadi kesulitan bergaul di dunia nyata, hingga menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memberi arahan dan edukasi terhadap anak dalam pemanfaatan teknologi di era digital .

Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital? Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, ini kiat yang perlu diketahui para orang tua.

1. Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital dengan Tepat

Terkadang anak-anak menggunakan teknologi media digital tanpa pengawasan. Jika tidak dipantau, dikhawatirkan mereka bisa mengakses konten-konten negatif ataupun konten yang belum sesuai dengan usia sang anak. Orang tua harus memantau dan juga mengarahkan anak-anak dalam hal penggunaan perangkat dan media digital.

Baca: Luar Biasa! Celyn, Siswa SD di Sragen Ini Raih 700 Piala dan Jadi Guru Sekolah

2. Mengimbangi Waktu Penggunaan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Nyata

Tak jarang anak-anak keasyikan jika sudah bermain dengan perangkat digital. Bahkan, apabila sudah kecanduan bisa membuat sang anak kurang berinteraksi dengan dunia yang sebenarnya. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk menyeimbangkan antara menggunakan teknologi digital dengan memperkenalkan aktivitas-aktivitas lainnya seperti berkebun, bersosialisasi dengan tetangga, ataupun berolahraga.

3. Memilihkan Aplikasi yang Positif untuk Anak
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1386 seconds (10.101#12.26)