8 Jurusan Sepi Peminat di UGM yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:45 WIB
loading...
8 Jurusan Sepi Peminat di UGM yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu
8 jurusan sepi peminat di UGM yang perlu calon mahasiswa tahu. Foto/Dok/SINDONews.
A A A
JAKARTA - Jurusan sepi peminat bisa menjadi salah satu strategi agar bisa lolos ke perguruan tinggi negeri ( PTN ) yang diimpikan. Bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Gadjah Mada ( UGM ) berikut delapan jurusan yang jarang diminati dan perlu kalian ketahui.

Tidak bisa dimungkiri, UGM yang berpusat di Jawa Tengah ini masih menjadi favorit bagi kebanyakan calon mahasiswa baru. Bagaimana tidak, lewat data dari UniRank 2021, UGM menjadi universitas nomor 1 di Indonesia mengalahkan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya (UB).

Meski demikian, tidak semua fakultas dan jurusan di UGM jadi favorit banyak orang. Ada beberapa jurusan yang jarang diminati di UGM.Buat tahu apa saja jurusan UGM yang sepi peminat, kalian bisa melihat dari tingkat persentase keketatannya. Semakin besar persentasenya, otomatis semakin kecil tingkat persaingan kalian dengan orang lain.

Baca: Profil Prof. Susanto Imam Rahayu, Dosen ITB yang Pernah Jadi Pembuat Soal SBMPTN

Dikutip dari laman resmi Zenius, berikut ini telah terangkum delapan jurusan Soshum dan Saintek yang sepi peminat serta daya tampung 2022 di UGM. Data diambil dari peminat di 2021 dan daya tampung UGM pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 yang ada di laman LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

1. Fisika

Siapa yang tertarik dengan mata pelajaran Fisika? Kalau kalian salah satunya, nggak ada salahnya mendaftarke UGM dan ambil jurusan fisika. Fisika masuk ke dalam daftar jurusan UGM yang sepi peminat.

Sama seperti pada umumnya, Fisika UGM masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan atau disingkat FMIPA. Akan ada banyak sekali hal yang dipelajari dari prodi Fisika, mulai dari mekanika klasik, mekanika kuantum, fisika statistik, hingga melakukan eksperimental dan observasi.

Berikut tabel peminat dan daya tampung Fisika UGM.

Pendaftar 2021: 150
Daya Tampung 2022: 21
Persentase keketatan: 14.00%
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1097 seconds (10.101#12.26)