8 Jurusan Sepi Peminat di UGM yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:45 WIB
loading...
8 Jurusan Sepi Peminat di UGM yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu
8 jurusan sepi peminat di UGM yang perlu calon mahasiswa tahu. Foto/Dok/SINDONews.
A A A
JAKARTA - Jurusan sepi peminat bisa menjadi salah satu strategi agar bisa lolos ke perguruan tinggi negeri ( PTN ) yang diimpikan. Bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Gadjah Mada ( UGM ) berikut delapan jurusan yang jarang diminati dan perlu kalian ketahui.

Tidak bisa dimungkiri, UGM yang berpusat di Jawa Tengah ini masih menjadi favorit bagi kebanyakan calon mahasiswa baru. Bagaimana tidak, lewat data dari UniRank 2021, UGM menjadi universitas nomor 1 di Indonesia mengalahkan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya (UB).

Meski demikian, tidak semua fakultas dan jurusan di UGM jadi favorit banyak orang. Ada beberapa jurusan yang jarang diminati di UGM.Buat tahu apa saja jurusan UGM yang sepi peminat, kalian bisa melihat dari tingkat persentase keketatannya. Semakin besar persentasenya, otomatis semakin kecil tingkat persaingan kalian dengan orang lain.

Baca: Profil Prof. Susanto Imam Rahayu, Dosen ITB yang Pernah Jadi Pembuat Soal SBMPTN

Dikutip dari laman resmi Zenius, berikut ini telah terangkum delapan jurusan Soshum dan Saintek yang sepi peminat serta daya tampung 2022 di UGM. Data diambil dari peminat di 2021 dan daya tampung UGM pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 yang ada di laman LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

1. Fisika

Siapa yang tertarik dengan mata pelajaran Fisika? Kalau kalian salah satunya, nggak ada salahnya mendaftarke UGM dan ambil jurusan fisika. Fisika masuk ke dalam daftar jurusan UGM yang sepi peminat.

Sama seperti pada umumnya, Fisika UGM masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan atau disingkat FMIPA. Akan ada banyak sekali hal yang dipelajari dari prodi Fisika, mulai dari mekanika klasik, mekanika kuantum, fisika statistik, hingga melakukan eksperimental dan observasi.

Berikut tabel peminat dan daya tampung Fisika UGM.

Pendaftar 2021: 150
Daya Tampung 2022: 21
Persentase keketatan: 14.00%

2. Kimia

Selain Fisika, Kimia juga jadi salah satu jurusan Saintek UGM yang sepi peminat. Di bawah naungan FMIPA, kalian juga akan belajar banyak hal melalui prodi yang satu ini, mulai dari kimia kontekstual, kinetika kimia, hingga kimia kuantum.

Beruntungnya, calon mahasiswa bakal dapat berbagai macam fasilitas yang menunjang perkuliahan selama di jurusan Kimia UGM, yaitu laboratorium, perpustakaan, dan internet.

Berikut tabel keketatan UGM untuk jurusan Kimia dan daya tampung 2022:

Pendaftar 2021: 332
Daya Tampung 2022: 42
Persentase keketatan: 12,65%

3. Biologi

Biologi UGM bisa jadi salah satu opsi jika tertarik dengan prodi yang satu ini. Meski masuk ke dalam salah satu daftar jurusan UGM yang sepi peminat, jurusan Biologi menawarkan prospek pekerjaan yang besar, lho, Mulai dari pengajar ataupun peneliti di berbagai perguruan tinggi.

Uniknya, prodi Biologi di UGM ini masuk ke dalam Fakultas Biologi, tidak masuk ke FMIPA. Fakultas Biologi di UGM sendiri sudah ada sejak tahun 1955 dan merupakan Fakultas Biologi tertua di Indonesia.

Pendaftar 2021: 533
Daya Tampung 2022: 68
Persentase keketatan: 12,76%

4. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan atau THP juga masuk ke dalam salah satu jurusan UGM yang sepi peminat. Masuk ke dalam Fakultas Pertanian, kalian akan belajar banyak hal lewat prodi yang satu ini, mulai dari analisis pangan, refrigerasi hasil perikanan, biokimia hasil perikanan, hingga gizi ikan.

Baca juga: 4 Jurusan Kurang Diminati dengan Gaji Besar, Bisa Jadi Rekomendasi Kalian

Prospek kariernya juga sangat menjanjikan karena kita berada di negara kepulauan seperti Indonesia dengan ⅔ wilayah berupa lautan. Kalau masuk ke THP UGM, lulusannya bisa menjadi staf dan peneliti di lembaga pemerintah daerah atau Kementerian Kelautan dan Perikanan, jadi dosen, dan bisa mengembangkan bisnis perikanan sendiri.

Pendaftar 2021: 185
Daya Tampung 2022: 23
Persentase keketatan: 12,43%

5. Ilmu dan Industri Peternakan

Fakultas Peternakan UGM menawarkan satu jurusan buat Sobat Zenius yang tertarik untuk berkecimpung di dalam dunia peternakan, yaitu program studi Ilmu dan Industri Peternakan.

Meski masuk ke dalam jurusan yang jarang diminati di UGM, tetapi prodi yang satu ini menawarkan prospek kerja yang menarik. Pasalnya, kalian dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Bappeda, Kementerian Perdagangan ataupun bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN atau swasta di bidang peternakan.

Pendaftar 2021: 627
Daya Tampung 2022: 90
Persentase keketatan: 14,35%

6. Filsafat

Di UGM, prodi Filsafat masuk ke dalam Fakultas Filsafat. Ilmu Filsafat identik dengan mempelajari hakikat dari ilmu pengetahuan. Apabila kalian tertarik masuk jurusan Filsafat UGM tidak perlu khawatir. Prodi SOSHUM yang satu ini termasuk ke dalam jurusan UGM yang sepi peminat.

Kalian akan menjadi pribadi yang kritis ketika masuk ke dalam jurusan yang satu ini. Di sisi lain, banyak sekali mata kuliah menarik yang akan dipelajari, mulai dari filsafat barat kontemporer, aksiologi/filsafat nilai, filsafat sejarah, filsafat bahasa, dan masih banyak lagi.

Pendaftar 2021: 837
Daya Tampung 2022: 45
Persentase Keketatan: 5,38%

7. Sastra Jawa

Kalau kalian penasaran dan tertarik mempelajari kebudayaan, sastra, dan kesenian Jawa, nggak usah ragu buat ambil jurusan Sastra Jawa UGM.

Di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya, kalian akan belajar banyak sekali mata kuliah menarik terkait bahasa dan budaya Jawa, yaitu pengantar sastra Jawa, teks prosa Jawa Kuna, bahasa Sansekerta, dan masih banyak lagi.

Meski masuk daftar salah satu jurusan Soshum UGM yang sepi peminat, prospek sastra Jawa cukup luas, mulai dari kerja di bagian penelitian balai/pusat bahasa hingga di bagian arsip dan kebudayaan.

Pendaftar 2021: 143
Daya Tampung 2022: 14
Persentase Keketatan: 9,79%

8. Sastra Prancis

Sama seperti Sastra Jawa, Sastra Prancis berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya atau FIB. Bagi calon mahasiswa yang tertarik mendalami sastra Prancis, tidak usah ragu buat ambil di UGM. Pasalnya, sastra Prancis juga termasuk ke dalam jurusan UGM yang sepi peminat.

Untuk mata kuliahnya sendiri, kalian akan banyak belajar banyak hal, seperti sastra Perancis klasik, bahasa Prancis pariwisata, pengantar sejarah dan kebudayaan Prancis, hingga production orale 1 dan 2.

Pendaftar 2021: 148
Daya Tampung 2022: 14
Persentase Keketatan: 9,46%.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2389 seconds (10.177#12.26)