10 Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS

Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:57 WIB
loading...
10 Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS
10 pilihan jurusan kuliah yang tepat untuk anak IPS. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa baru urusan mengenai pemilihan jurusan tidak kalah membingungkan dari sekedar mana kampus yang cocok untuk melanjutkan kuliah. Memilih jurusan pun tidak boleh salah pilih sebab jika ternyata tidak cocok maka kuliah pun terancam berantakan.

Sebagian calon mahasiswa memang tak tahu sama sekali apa saja ragam pilihan jurusan kuliah yang ada. Sebagian lagi sudah memiliki beberapa pilihan jurusan kuliah, namun sedang bingung menentukan jurusan apa yang diambil. Dan, ada pula yang galau ketika harus menentukan antara jurusan kuliah pilihan orang tua atau pilihan diri sendiri.

Namun sebaiknya untuk memilih jurusan kuliah yang tepat hal yang perlu dilihat terlebih dulu adalah pahami minat dan bakat yang dimiliki. Hal ini akan memudahkan untuk memilih beragam jurusan yang ada.

Kemudian lakukanlah riset jurusan kuliah yang akan dipilih. Pelajari, bandingkan, dan sandingkan jurusan yang ada sebelum menjatuhkan pilihan jurusan. Konsultasi dengan orang berpengalaman juga bisa menjadi cara menentukan jurusan kuliah.

Baca: Unesa Terpilih Jadi Tempat Kuliah Lulusan Sekolah Indonesia-Arab Saudi

Bagi anak IPS yang masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah, berikut ini ada 10 pilihan jurusan kuliah social humaniora (soshum) yang bisa menjadi referensi kalian untuk menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi yang dikutip dari laman Ruangguru.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini sering terdengar di kalangan anak IPS. Tidak heran, jurusan Ilmu Komunikasi jadi salah satu jurusan paling diminati di SBMPTN 2021 dengan jumlah peminat lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Biasanya disingkat Ilkom atau Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Misalnya, di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, kalian akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Komunikasi Massa dan Media
2. Statistika Sosial
3. Kajian Media Kritis
4. Public Speaking
5. Psikologi Komunikasi
6. Komunikasi Pemasaran Sosial
7. Social Network Analysis, dll.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)