Daftar SBMPTN 2022 Ilmu Politik di UPNVJ, Camaba: Tes Hoki

Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:19 WIB
loading...
Daftar SBMPTN 2022 Ilmu Politik di UPNVJ, Camaba: Tes Hoki
Peserta UTBK 2022 Gelombang II di UI Muhammad Ariel. Foto/MPI/Bachtiar Rojab.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) Kampus Salemba, Jakarta Pusat, tengah menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 Gelombang II sebagai upaya menjaring calon mahasiswa baru (Camaba). Berbagai jurusan serta kampus turut diperebutkan sebagai upaya menyongsong kampus impian.

Dalam pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, tepat pada Sabtu (28/5/2022) pukul 12.00 WIB, camaba beserta orang tua maupun kerabatnya, turut hadir memadati kawasan UI Salemba. Mereka, tampak duduk sembari berharap cemas menunggu giliran menghadapi ujian.

Salah satunya, Muhammad Ariel. Ia mengaku, datang ke UI Salemba guna bisa lolos di perguruan tinggi negeri impiannya, yakni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ( UPNVJ ) serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Saya daftar dua jurusan yang pertama di Universitas Veteran daftar di Ilmu Politik, yang kedua Kesejahteraan Kekeluargaan," ujar Ariel kepada MPI, Sabtu (28/5/2022).

Baca: Pilih Sastra Arab Unpad, Peserta UTBK SBMPTN Ini Berharap Bisa Bekerja Sambil Ibadah

Lebih lanjut, Ariel menuturkan, dirinya memilih masuk Ilmu Politik berdasarkan saran dari teman dan kakak kelasnya. Menurutnya, kuota penerimaan Ilmu Politik di UPNVJ cukup besar sehingga dapat memberi kesempatan dia untuk lolos.

"Ngambil politik sebenernya taun kemaren sempet ngecek berapa kuota masuknya. Ternyata, lumayan gede, nih. Jadi mencoba buat ngambil ilmu itu, ngetes hoki," ucap Ariel sembari tertawa.

Kendati demikian, Ariel menambahkan, sebelumnya ia tidak tertarik untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Hal itu dikarenakan dirinya ingin langsung turun ke dunia kerja usai lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan perhotelan.

"Gak pengen kuliah awalnya kan niat pengen kerja tuh, cuman karena orang tua nyaranin kuliah agar dapet pekerjaan yang bagus, tingkatan yang bagus, jadi disaranin untuk kuliah," terangnya.

Baca juga: Peserta UTBK 2022 Gelombang II di UNJ Keluhkan Pemakaian Sarung Tangan Plastik

Meski, kata Ariel, akhirnya ia luluh juga dan bersemangat untuk memilih kampus impiannya. Hal itu, menurutnya, dikarenakan banyak dukungan dari keluarga termasuk dari kakaknya sendiri.

"Orang tua sih setuju (ambil Ilmu Politik), gapapa dicoba aja, nanti kalau emang rezekinya disitu, tekunin aja. Pasti kamu bisa. Yang bener-bener support itu kakak. Materi, sampai dibeliin laptop baru," tuturnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 gelombang II kembali dimulai hari ini, Sabtu, 28 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022. Peserta ujian pun harus mengikuti sejumlah ketentuan yang berlaku saat tiba di Pusat UTBK dan ketika pelaksanaan ujian berlangsung.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA /MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)