Profil dan Riwayat Pendidikan Zulkieflimansyah, Petinggi PKS yang Munculkan Usulan Raffi Ahmad Capres

Minggu, 29 Mei 2022 - 22:03 WIB
loading...
Profil dan Riwayat Pendidikan Zulkieflimansyah, Petinggi PKS yang Munculkan Usulan Raffi Ahmad Capres
Zulkieflimansyah saat dilantik menjadi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Nama Zulkieflimansyah hari ini menghiasi media massa lantaran menyampaikan Raffi Ahmad sosok muda yang pantas dicalonkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilpres 2024. Hal itu disampaikannya setelah ngomong-ngomong informal dengan para kepala daerah dari PKS.

Melalui akun Instagram-nya, Zul menulissebagai Ketua DPP PKS yang bertanggung jawab terhadap pembinaan kepala-kepala daerah PKS, mereka berkumpul bahas pilpres.

"Negeri ini butuh cara berpikir baru. Karena tantangan ke depan benar2 baru dan menantang. Ternyata dari ngomong2 informal dgn Kepala2 Daerah PKS ini kalau ditanya siapa yg pantas dicalonkan PKS di Pilpres 2024 yg muncul bukanlah Anies Baswedan, Ganjar dan Prabowo tapi sosok muda seperti Raffi Ahmad... Menarik ini...," demikian dikutip dari akun Instagram @zulkieflimansyah, Minggu (29/5/2022).

Postingan itu pun menuai polemik. Terkini, Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyampaikan, siapa pun yang berbicara terkait siapa sosok yang bakal diusulkan menjadi capres adalah keterangan yang belum resmi. Keterangan resmi, akan disampaikan sesuai keputusan Majelis Syura.

"Mau gimmick-gimmick apa pun biasa aja, namanya orang mau dicalonkan. Yang resmi itu adalah yang diputuskan oleh Majelis Syura," kata Aboe saat konferensi pers Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).



Terlepas dari polemik tersebut, sosok Zulkieflimansyah menarik untuk diulas. Pengalaman politik dan riwayat pendidikan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) 2018-2023 ini juga tak bisa dianggap enteng.

Pria yang akrab disapa Bang Zul ini lahir di Sumbawa Besar, 18 Mei 1972. Dikutip dari biroadpim.ntbprov.go.id yang diakses 29 Mei 2022, ini riwayat pendidikan formalnya:

1. Doktor Ekonomi Industri, di Department of Economics, University of Strathclyde, Glasgow, UK (2001).
2. MSc di bidang Industrialisasi, Kebijakan Ekonomi dan Perdagangan di Department of Economics, University of Strathclyde, Glasgow, UK (1998).
3. MSc di bidang Pemasaran dan Bisnis Internasional di Department of Marketing, University of Strathclyde, Glasgow, UK (1997).
4. Sarjana Ekonomi (SE) dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1995).

Selain pendidikan formal, Zul juga memiliki riwayat pendidikan non formal sebagai berikut antara lain di Harvard Business School, Harvard University , USA dan Kennedy School of Government, Harvard University, USA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)