Terakreditasi, Ini 4 Jurusan Sepi Peminat di UB

Senin, 30 Mei 2022 - 13:40 WIB
loading...
Terakreditasi, Ini 4 Jurusan Sepi Peminat di UB
Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas favorit di Indonesia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat jurusan sepi peminat UB (Universitas Brawijaya) yang mungkin bisa menjadi salah satu peluang bagi calon mahasiswa agar tetap bisa kuliah di sana. Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas favorit di Indonesia.

Universitas yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini memang banyak dikenal karena prestasinya. Salah satunya yaitu pernah meraih Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 yang diadakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada 2018. Selain itu, UB juga merupakan 10 besar universitas terbaik di Indonesia.
Baca juga : Peringkat Universitas Brawijaya Naik di Webometrics

Berikut empat jurusan sepi peminat UB berdasarkan jumlah peminat SBMPTN tahun 2021 :

1. Sosial Ekonomi Perikanan (PSDKU Kediri)

Jurusan sosial ekonomi perikanan PSDKU Kediri ini merupakan salah satu jurusan sepi peminat di UB. Pada SBMPTN tahun 2021 jurusan ini hanya dimasuki oleh 63 peserta, sementara kursi yang tersedia berjumlah 42.
Salah satu alasan kurangnya minat di jurusan ini karena prospek kerja. Padahal jurusan ini memiliki akreditasi baik.

2. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

Dari data, SBMPTN tahun 2021 jurusan ini hanya diikuti oleh 180 pendaftar dan memiliki jumlah kursi sebanyak 63. Untuk itu jurusan ini menjadi salah satu jurusan sepi peminat di UB. Sementara untuk akreditasi sendiri, jurusan ini mendapat akreditasi A.

3. Budidaya Perairan

Jurusan sepi peminat UB lainnya adalah budidaya perairan. Budidaya perairan merupakan salah satu program studi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sama seperti Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan yang juga memiliki akreditasi A. Saat SBMPTN tahun 2021 lalu jurusan ini diminati oleh 188 orang dan menyediakan kursi sebanyak 63.
Baca juga : Budidaya Lobster di Pesisir Pantai Bakal Digeber

4. Desain Grafis

Bagi kalian yang suka dan menekuni bidang desain grafis, mungkin jurusan yang ada di Universitas Brawijaya ini bisa dicoba karena peminatnya yang masih sedikit. Desain Grafis menjadi jurusan selanjutnya yang sepi peminat. Pada saat SBMPTN tahun 2021 lalu jurusan ini hanya didaftar oleh 163 peserta dengan jumlah kursi yang tersedia sebanyak 43.

Itulah daftar 4 jurusan sepi peminat di UB yang bisa jadi acuan kamu untuk mendaftar di perguruan tinggi tersebut. Meskipun sepi peminat, jangan khawatir karena profesi dan masa depan seseorang tidak ditentukan dari jurusan apa yang dia pilih, namun dari usaha dan kerja kerasnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)