Unesa Bakal Buka Program Fast Track, Kuliah S1-S2 Sekaligus

Selasa, 31 Mei 2022 - 08:29 WIB
loading...
Unesa Bakal Buka Program Fast Track, Kuliah S1-S2 Sekaligus
Unesa bakal buka program fast track. Foto/ Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) berencana mengadakan perkuliahan sistem fast track untuk S1 dan S2. Artinya, mahasiswa yang masuk kategori program ini bisa menempuh program kuliah jenjang S1 langsung S2 sekaligus.

Estimasinya, dalam waktu lima tahun alias 10 semester, mahasiswa bisa langsung lulus magister. Hal itu, disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Bambang Yulianto.

Menurut Guru Besar Linguistik itu, karena kuliah fast track terbilang jalur khusus tentu kurikulumnya dan pembinaan khusus, pembelajarannya khusus, dan pembiayaannya pun khusus.

Baca juga: Lukman Hakim Saifuddin Dianugerahi Dr HC dari UIN Jakarta

“Kita akan merangkul S1 dan S2 dalam satu sistem pendidikan. Itu perlu dirancang dan perlu pemikiran mendalam untuk menyiapkannya,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Unesa, Selasa (31/5/2022).

Prof Bambang menambahkan, mengacu pada beberapa kampus lain dalam dan luar negeri serta berdasarkan pertimbangan kebutuhan saat ini. Ada dua skema fast track yang bisa dilakukan di Unesa.

Pertama, S1 dan S2 dalam negeri. Bisa S1 dan S1 di Unesa, bisa juga S1 di Unesa S2 di kampus lain dengan program studi yang linear. Kedua, S1 di Unesa dan S2 di kampus luar negeri.

Untuk sampai ke sana, Unesa perlu menyiapkan banyak hal di antaranya:

1) Kesiapan prodi S1 dan prodi Pascasarjana Unesa.

2) Menjalin kerja sama atau berkoordinasi dengan perguruan tinggi mitra dalam dan luar negeri yang memiliki prodi terkait.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)