Ini 5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Diponegoro, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:19 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Diponegoro, Calon Mahasiswa Wajib Tahu
Jurusan sepi peminat biasanya disematkan pada program studi yang memiliki angka pendaftar jauh lebih rendah dari jurusan lainnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jurusan sepi peminat biasanya disematkan pada program studi yang memiliki angka pendaftar jauh lebih rendah dari jurusan lainnya. Tidak terkecuali universitas ternama seperti misalnya Universitas Diponegoro (Undip).

Dalam hal ini, setiap universitas tentu memiliki data mengenai sebaran jumlah peminat atau calon mahasiswa yang mendaftar di kampusnya . Banyak faktor yang menjadikan beberapa jurusan tertentu memiliki peminat yang rendah. Bisa dari mata kuliah yang sulit, hingga prospek kerja yang tidak sebagus jurusan lain.
Baca juga : Ranking Universitas, Apa yang Dikejar?

Di Universitas Diponegoro, terdapat juga beberapa jurusan sepi peminat. Bersumber dari situs PTN LTMPT, berikut beberapa jurusan sepi peminat di Undip :

1. Perikanan Tangkap

Dikutip dari situs resmi Undip, Program Studi Perikanan Tangkap ini sudah terakreditasi A. Visi yang dimilikinya adalah menjadi prodi unggulan bidang perikanan tangkap di Indonesia pada 2025.

Peminat jurusan Perikanan Tangkap pada SBMPTN 2021 berada di angka 197 orang dengan daya tampung 33 mahasiswa. Angka ini meningkat dari peminat tahun lalu yang hanya mencapai 127 orang. Untuk peminat terbesar ada di tahun 2017 yang kala itu mencapai 444 orang.

2. Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan merupakan salah satu jurusan yang ada di Universitas Diponegoro. Dikutip dari situs resminya, program studi ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang kompeten di bidang pengolahan, penanganan, pengemasan, dan distribusi ikan sesuai dengan higiene, standarisasi, dan manajemen mutu.

Pada SBMPTN 2021, peminat jurusan ini ada sekitar 207 orang. Angka ini terus menurun jika dibandingkan dengan peminat dari beberapa tahun sebelumnya. Peminat terbanyak jurusan ini terjadi pada tahun 2018 yang mencapai 750 orang.

3. Fisika
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)