Pratikno: Proses RUU Sisdiknas Belum Waktunya Sampai ke Presiden Jokowi

Selasa, 31 Mei 2022 - 17:35 WIB
loading...
Pratikno: Proses RUU Sisdiknas Belum Waktunya Sampai ke Presiden Jokowi
Mensesneg Pratikno. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) menyebut bahwa Presiden Joko Widodo tidak mengetahui proses perubahan RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Menteri Sekretaris Negara ( Mensesneg ) Pratikno pun memberi penjelasan.

Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa ketidaktahuan mengenai perubahan RUU Sisdiknas karena prosesnya belum sampai kepada Presiden Jokowi.

"Pembahasan tentang substansi RUU Sisdiknas itu memang belum waktunya sampai ke presiden karena revisi UU Sisdiknas masih masuk long list, daftar panjang, prolegnas tahun 2019—2024," ujar Pratikno dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Baca: Heboh Jokowi Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas, Begini Tanggapan Kemendikbudristek

Pratikno menjelaskan bahwa Kemendikbudristek saat ini sedang mempersiapkan naskah akademik dan juga draf RUU Sisdiknas untuk diajukan ke Badan Legislatif (Baleg) DPR agar bisa masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2022.

"Itulah naskah yang sekarang ini beredar dan dibahas oleh APPI kemarin. Jadi proses revisi UU Sisdiknas masih sangat-sangat awal, tahapannya masih sangat panjang, dan memang belum sampai, belum waktunya sampai ke bapak presiden. Dalam waktu dekat ini kami akan jadwalkan agar para menteri melaporkan substansinya ke presiden," ungkapnya.

Sebelumnya, para penyelenggara pendidikan berbasis masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo membahas carut- marut proses perubahan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) di Istana Merdeka, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Jokowi Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas, Ini Respons Pemerhati Pendidikan

Dewan Pengarah APPI Doni Koesoema A. menyebut pihaknya kaget bahwa Presiden Jokowi tidak tahu terkait proses RUU Sisdiknas.

"Kami membicarakan persoalan-persoalan penting dan mendesak terkait masa depan pendidikan nasional, terutama terkait RUU Sisdiknas," ujar Doni Koesoema A. selaku Dewan Pengarah APPI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)