Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Diperpanjang hingga 3 Juni, Cek Infonya

Rabu, 01 Juni 2022 - 16:47 WIB
loading...
Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Diperpanjang hingga 3 Juni, Cek Infonya
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak dibukanya Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) pada 13 Mei 2022 lalu, antusiasme mahasiswa yang ingin mendaftar terhitung sangat tinggi. Sehingga, program PMM angkatan kedua diputuskan diperpanjang hingga 3 Juni 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh mahasiswa Indonesia turut memanfaatkan kesempatan tersebut dengan berpartisipasi dan berkontribusi pada PMM 2.



“Selama satu semester mengikuti program ini, kalian bisa berkuliah sampai 20 SKS di perguruan tinggi penerima dan kami juga akan memberikan kesempatan untuk mengambil sampai enam SKS di perguruan tinggi pengirim secara daring,” ujar Nadiem dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Seperti diketahui, PMM sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi (prodi) dan di luar perguruan tinggi (PT) asal.

Pada PMM 1 yang diselenggarakan pada 2021, telah diikuti oleh sebanyak 11.464 mahasiswa melibatkan 215 PT penerima maupun pengirim. Sedangkan untuk tahun ini, target PMM 2 diperuntukkan bagi 16 ribu mahasiswa di mana mereka dapat memilih satu dari 194 PT penerima.



Sebelumnya, Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua telah dibuka Jumat (13/5/2022) lalu. Kemendikbudristek mengajak mahasiswa yang saat ini berada di semester 2, 4, dan 6 untuk mendaftar PMM Angkatan 2.

Pendaftaran yang mulai dibuka sejak 13 Mei hingga 28 Mei 2022 ini dapat dilakukan melalui laman program-pmm.id. Jika lolos seleksi, peserta akan melaksanakan program pertukaran ini saat sedang duduk di semester 3, 5, dan 7, selama satu semester atau lima bulan, mulai Agustus hingga Desember 2022.

“Selama satu semester mengikuti program ini, kalian bisa berkuliah sampai 20 SKS di perguruan tinggi penerima, dan kami juga akan memberikan kesempatan untuk mengambil sampai enam SKS di perguruan tinggi pengirim secara daring,” ucap Mendikbudristek Nadiem Makarim pada sosialisasi PMM 2, melalui siaran pers, Sabtu (14/5/2022).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)