Unpad Buka Program Beasiswa Pascasarjana, Kuliah Gratis, Dana Riset, dan Tunjangan Hidup

Kamis, 02 Juni 2022 - 14:37 WIB
loading...
Unpad Buka Program Beasiswa Pascasarjana, Kuliah Gratis, Dana Riset, dan Tunjangan Hidup
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) menawarkan beasiswa Pascasarjana bagi calon mahasiswa unggul, baik dalam maupun luar negeri. Puluhan kursi untuk beasiswa ini khusus Program Doktor atau Program Fast Track Magister-Doktor di kampus Unpad.

“Beasiswa ini ditawarkan untuk membuka akses pendidikan Pascasarjana bagi putra-putri terbaik bangsa,” kata Rektor Unpad Rina Indiastuti dalam siaran pers Kanal Media Unpad, Kamis (2/6/2022).



Dia menjelaskan, dua skema beasiswa yang ditawarkan adalah Beasiswa Program Doktor Padjadjaran (BPDP), yaitu untuk program S-3 dengan jumlah 29 beasiswa; serta Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran (BUPP) program Fast Track, yaitu untuk program S-2 dan S-3 dengan jumlah 15 beasiswa.

Program beasiswa ini terbuka bagi seluruh disiplin ilmu, baik saintek maupun sosiohumaniora. Beasiswa ini terbuka bagi seluruh calon mahasiswa baru Pascasarjana yang tertarik untuk melanjutkan studi di Unpad.

“Tidak harus alumni Unpad, PNS, atau dosen, tetapi terbuka bagi seluruh putra-putri bangsa,” imbuhnya.



Pendaftaran program beasiswa tersebut dapat dilakukan melalui jalur pendaftaran Pascasarjana reguler di laman SMUP Unpad. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat langsung melakukan pendaftaran melalui laman SMUP dan memilih skema pendaftaran BPDP atau BUPP Fast Track.

Rina memaparkan, program beasiswa ini diarahkan pada pembelajaran berbasis riset, yang akan menghasilkan output artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Setiap penerima beasiswa mendapatkan satu promotor yang telah memiliki judul riset. Pemilihan promotor dilakukan saat proses pendaftaran. Melalui program ini, penerima beasiswa akan mendapatkan beberapa benefit.

Untuk program BPDP, mahasiswa akan mendapat bantuan biaya pendidikan selama tiga tahun serta dana riset yang diberikan melalui promotornya. Sementara, untuk program BUPP Fast Track, mahasiswa akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan program Magister dan Doktor selama empat tahun, dana riset yang diberikan kepada promotor, serta biaya hidup dan tunjangan mahasiswa sebesar Rp2,5 juta per bulan selama empat tahun.

Dua program beasiswa tersebut merupakan kali kedua yang ditawarkan Unpad. Pada 2021, Unpad memberikan beasiswa BPDP kepada 4 mahasiswa serta beasiswa BUPP Fast Track kepada 16 mahasiswa. Program beasiswa tersebut telah menghasilkan capaian positif.

Prof. Rina menjelaskan, beberapa mahasiswa sukses menghasilkan publikasi internasional di tahun pertama studi pascasarjana-nya. Selain itu, beasiswa ini juga berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Selain berkontribusi bagi ilmu pengetahuan, beasiswa ini juga berkontribusi dalam menjawab masalah di Indonesia, karena topik riset yang ditawarkan oleh promotor berhubungan analisis dan strategi yang menjawab masalah di Indonesia,” pungkas Rektor.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)