Selalu Jadi Rujukan, PPLI Fungsikan Maksimal Training Center

Jum'at, 03 Juni 2022 - 17:30 WIB
loading...
Selalu Jadi Rujukan, PPLI Fungsikan Maksimal Training Center
Gedung Training Center PPLI tidak hanya untuk melatih dan mendidik kecakapan para karyawan, namun juga dipergunakan untuk kegiatan sosial dan mengedukasi para tamu yang datang melakukan studi lapangan. (Dok. PPLI)
A A A
JAKARTA - Banyak perusahaan memiliki fasilitas khusus bangunan untuk pendidikan dan latihan (diklat) karyawannya. Di bangunan ini karyawan diedukasi tentang penguasaan teknis dan teori tentang apa dan bagaimana perusahaan itu dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Namun di PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI ), fungsi bangunan Training Center lebih luas. Bukan semata-mata untuk mendidik dan melatih karyawannya saja, tapi juga menjadi tempat mengedukasi publik termasuk sejumlah stakeholder pemerintahan.

Di bangunan dua lantai ini, PPLI mengawali paparan kepada sejumlah pihak yang ingin mempelajari tentang jenis limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), bahaya serta pengelolaannya sebelum akhirnya diajak berkeliling ke fasilitas pengolahan limbah terintegrasi yang ada di PPLI.

Demikian diungkapkan Manager Humas PPLI, Arum Tri Pusposari, Jumat (27/5) di Gedung Training Center PPLI, Desa Nambo, Klapanunggal Bogor, Jawa Barat.

Selalu Jadi Rujukan, PPLI Fungsikan Maksimal Training Center


(Dok. PPLI)

Sejumlah program di luar edukasi karyawan, lanjut Arum digelar ditempat tersebut, mulai dari kegiatan sosial seperti donor darah, vaksinasi covid, hingga pertemuan dengan para insan media, PPLI juga kerap menerima tamu-tamu yang ingin mengetahui banyak hal soal limbah B3. Kegiatan studi lapangan para stakeholder pemerintahan di selenggarakan di tempat tersebut seperti kunjungan kerja para Jaksa Lingkungan di Kejaksaan Agung, Hakim dari Mahkamah Agung, tenaga medis, Kepolisian RI, para Kepala Daerah hingga jajaran staf ahli Presiden RI.

“Bangunan ini memang multifungsi, manajemen memang memaksimalkan fungsi dari bangunan ini untuk mengedukasi tidak hanya ke dalam tapi juga keluar. Kami sadari core business PPLI itu perlu diperkuat dengan pemahaman dan pengetahuan publik tentang masalah limbah yang ditangani PPLI,” ungkapnya.

Selalu Jadi Rujukan, PPLI Fungsikan Maksimal Training Center


(Dok. PPLI)

Di gedung Training Center ini, tambah Arum dilengkapi sejumlah alat peraga pelindung diri (APD) dari limbah B3, alur pengelolaan limbah B3 hingga maket bukit timbunan residu dari limbah B3 alias kuburan sisa pengolahan (landfill) yang telah distabilkan dipamerkan dalam bangunan ini.

Gedung Training Center ini bersebelahan dengan fasilitas masjid perusahaan untuk memudahkan sholat yang kerap dilaksanakan oleh peserta training dan tamu-tamu perusahaan yang bertandang dan mengikuti kegiatan di tempat tersebut.

Letak gedung tersebut, kata Arum di posisi paling depan dari kawasan industri pengolahan limbah PPLI. "Kami memang prioritaskan keberadaan training center ini di posisi terdepan dengan filosofi bahwa sebelum bicara tentang industri limbah B3, siapapun yang datang ke PPLI harus teredukasi lebih dulu tentang limbah itu sendiri," terangnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0195 seconds (0.1#10.140)