Kembangkan Mobil Berenergi Hidrogen, ITS Siap Taklukkan SEM Asia 2022

Sabtu, 04 Juni 2022 - 13:08 WIB
loading...
Kembangkan Mobil Berenergi Hidrogen, ITS Siap Taklukkan SEM Asia 2022
Prototipe mobil terbaru ITS yang dinamakan Antasena Alpha. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) siap berlaga di ajang bergengsi mobil hemat energi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2022 yang akan digelar Oktober mendatang. ITS akan bertanding dengan membawa teknologi yang tergolong baru yaitu mobil berbahan bakar hidrogen .

Tim Antasena ITS kenalkan prototipe mobil barunya yang dinamakan Antasena Alpha, Jumat (3/6/2022). Peluncuran yang berlangsung di Gedung Pusat Robotika ITS ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak. Pada acara peluncuran ini diperkenalkan fitur baru, perubahan, dan inovasi lanjutan mobil Tim Antasena ITS yang akan berlaga pada SEM 2022.

Dalam sambutannya, Emil mengungkapkan bahwa ITS sebagai salah satu universitas yang tidak pernah berhenti berinovasi. Kali ini dengan mengembangkan teknologi yang tergolong masih baru yaitu mobil berbahan bakar hidrogen.

“Inovasi ini sangat luar biasa, pemerintah Jawa Timur sangat antusias menyambut ini dan siap mendukung Tim Antasena ITS. Selamat dan sukses untuk kompetisi SEM Asia 2022,” dukungnya, melalui siaran pers, dikutip Sabtu (4/6/2022).

Baca: Ditjen Diktiristek Kembali Buka Program PKL untuk Mahasiswa, 6 Formasi Ditawarkan

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Imam Abadi mengatakan, tim yang sudah sejak berdirinya pada tahun 2010 ini terus mendulang prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Harapan saya, Tim Antasena ITS dengan Antasena Alpha-nya ini dapat kembali menorehkan tinta emas di berbagai kompetisi mobil hemat energi yang akan datang,” harap dosen Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS ini.

Sementara itu terkait ajang SEM 2022 sendiri, Geraldy Rafi sebagai General Manager Tim Antasena ITS menjelaskan, kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga kategori energi, yaitu internal combustion, battery-electric, dan hydrogen fuel cell.

Kompetisi tersebut juga akan dibagi menjadi dua kelas kendaraan, yaitu prototype, dan urban concept. “Untuk Antasena Alpha ini akan turun pada kategori kendaraan prototype kategori energi hydrogen fuel cell,” paparnya.

Baca juga: Pertama Partisipasi, Unesa Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Versi THE AUR 2022
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3069 seconds (0.1#10.140)