Webinar Unair: Strategi Hadapi Psikotes dan Kiat Menjawab Soalnya

Sabtu, 04 Juni 2022 - 16:37 WIB
loading...
Webinar Unair: Strategi Hadapi Psikotes dan Kiat Menjawab Soalnya
Strategi hadapi psikotes dan kiat menjawab soalnya. Foto/Dok/Zenius.
A A A
JAKARTA - Psikotes atau tes psikologi kerap menjadi salah satu tahapan yang mesti dilalui ketika ingin mendaftar ke perguruan tinggi ataupun melamar pekerjaan. Ternyata untuk sukses menghadapi psikotes itu bisa dengan menyiapkan sedini mungkin fisik, mental, dan perlengkapan.

Psikotes dilakukan untuk mengukur dan memprediksi kinerja seseorang melalui kemampuan kognitif dan emosional yang dimiliki. Oleh karenanya, orang yang bahkan memiliki nilai akademik tinggi belum tentu bisa lolos dalam tes ini.

Pada webinar ketiga dalam serangkaian Career Buddy Program DPPKA Universitas Airlangga (Unair) x Jobhun mengundang Agnez Dessyana dan Steffira Anjani. Keduanya yang merupakan psikolog dari Kalbe Learning Centre berbagi tips menghadapi psikotes.

Agnez dan Steffi mengungkapkan, sebelum melaksanakan psikotes ada tiga hal utama yang harus disiapkan, yakni fisik, mental, dan perlengkapan.

Baca: 2 Cara Atasi Kegalauan Jika Gagal di SBMPTN

“Kita harus cukup istirahat, supaya bisa fokus saat mengerjakan karena akan menghadapi banyak soal dan perhatikan apa yang kalian makan hari sebelumnya. Jangan sampai memakan makanan yang bisa menyebabkan masalah saat menjalani tes,” jelasnya, dilansir dari laman Unair, Sabtu (4/6/2022).

Selain itu, Steffi juga menuturkan untuk rileks dan tidak stres saat akan menjalani tes dan memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap. Perlengkapan seperti alat tulis, transportasi, rute menuju lokasi tes juga harus disiapkan dengan baik karena para assessor juga akan menilai kandidat berdasarkan kesiapannya menjalani tes.

“Jika online, pastikan jaringannya stabil, perangkat lunak yang dibutuhkan kompatibel dan lingkungan kondusif sehingga tidak mengganggu konsentrasi kalian saat tes,” ungkapnya.

Steffi dan Agnez menjelaskan bahwa secara umum, psikotes mencakup soal untuk mengukur aspek kecerdasan, kepribadian, dan sikap kerja seseorang. Mereka juga memberikan beberapa tips dalam menjawab soal psikotes supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Masuk PTN Impian setelah Gap Year
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1468 seconds (10.55#12.26)