10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Senin, 06 Juni 2022 - 23:31 WIB
loading...
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia
Jurusan hubungan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan favorit dan peminatnya setiap tahun terus meningkat. Jurusan ini memang terbukti memiliki prospek yang bagus ke depannya. Jurusan HI sering dianggap sebagai cabang dari ilmu politik, sehingga jurusan ini hampir di setiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Tertarik mengambil prodi yang mempelajari seluk-beluk hubungan antar negara dan sistem kebijakan pemerintah ini? tetapi tidak tahu kampus mana yang punya jurusan HI dengan kualitas pendidikan yang bagus?

Baca juga: Sederet Universitas Top Dunia yang Paling Sulit Ditembus, Ini Daftarnya

Berikut 10 rekomendasi kampus Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Prodi HI di Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Yogyakarta sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak 2014. Prodi ini masuk daftar favorit incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri.

Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 2.500 orang, HI UGM hanya memiliki daya tampung kurang lebih 80 orang saja. Oleh karena itu, passing grade HI UGM mencapai sebesar 55,95%. Jurusan HI UGM termasuk difavoritkan karena memiliki biaya yang relatif rendah dibandingkan universitas lainnya.

2. Universitas Indonesia
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia, di mana Prodi Hubungan Internasionalnya juga mendapat predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Prodi HI UI jauh lebih ketat dari UGM. Jurusan HI di UI menjadi favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 3.000 orang, HI UI hanya memiliki daya tampung kurang dari 60 kursi. Daya tampung dari jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, kemudian dari jalur SBMPTN sebanyak 22 orang, dan dari jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

3. Universitas Airlangga
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Jurusan HI Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. Jurusan HI di Universitas Airlangga sudah dinyatakan terakreditasi A sejak 2011 oleh BAN-PT.

Total daya tampung Prodi HI Unair sebanyak 140 kursi dengan perincian, jalur SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Jalur Mandiri 70 kursi. Tentunya Universitas Airlangga ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan, melihat ketatnya persaingan di universitas negeri favorit lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2156 seconds (10.177#12.26)