10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Senin, 06 Juni 2022 - 23:31 WIB
loading...
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia
Jurusan hubungan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan favorit dan peminatnya setiap tahun terus meningkat. Jurusan ini memang terbukti memiliki prospek yang bagus ke depannya. Jurusan HI sering dianggap sebagai cabang dari ilmu politik, sehingga jurusan ini hampir di setiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Tertarik mengambil prodi yang mempelajari seluk-beluk hubungan antar negara dan sistem kebijakan pemerintah ini? tetapi tidak tahu kampus mana yang punya jurusan HI dengan kualitas pendidikan yang bagus?



Berikut 10 rekomendasi kampus Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Prodi HI di Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Yogyakarta sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak 2014. Prodi ini masuk daftar favorit incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri.

Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 2.500 orang, HI UGM hanya memiliki daya tampung kurang lebih 80 orang saja. Oleh karena itu, passing grade HI UGM mencapai sebesar 55,95%. Jurusan HI UGM termasuk difavoritkan karena memiliki biaya yang relatif rendah dibandingkan universitas lainnya.

2. Universitas Indonesia
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia, di mana Prodi Hubungan Internasionalnya juga mendapat predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Prodi HI UI jauh lebih ketat dari UGM. Jurusan HI di UI menjadi favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 3.000 orang, HI UI hanya memiliki daya tampung kurang dari 60 kursi. Daya tampung dari jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, kemudian dari jalur SBMPTN sebanyak 22 orang, dan dari jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

3. Universitas Airlangga
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Jurusan HI Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. Jurusan HI di Universitas Airlangga sudah dinyatakan terakreditasi A sejak 2011 oleh BAN-PT.

Total daya tampung Prodi HI Unair sebanyak 140 kursi dengan perincian, jalur SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Jalur Mandiri 70 kursi. Tentunya Universitas Airlangga ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan, melihat ketatnya persaingan di universitas negeri favorit lainnya.

4. Universitas Padjadjaran
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas favorit untuk Jurusan HI lainnya dapat kalian temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan HI Universitas Padjajaran (Unpad) lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yakni pada 2011.

Hubungan Internasional juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibanding universitas negeri sebelumnya, Universitas Padjajaran menyediakan kuota HI yang lebih besar pada jalur SNMPTN 2022 yakni 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.

5. Universitas Jenderal Soedirman
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Dari daerah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, ada satu kampus yang membuka pembelajaran untuk jurusan HI, yaitu Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Unsoed berada pada peringkat ke-36 dari 577 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam versi 4ICU.

Untuk prospek masa depan, alumnus jurusan HI bukan hanya berpeluang menjadi diplomat saja. Alumnus HI memiliki peluang untuk menjadi negosiator, penerjemah, wiraswasta, international officer, wartawan, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Jember
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Tahukah kamu kalau Universitas Jember adalah perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur? Kampus yang berlokasi di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Jurusan HI terbaik di Indonesia. Universitas Jember atau yang lebih sering disebut Unej, menyediakan kuota cukup banyak untuk Jurusan HI yakni 45 kursi untuk jalur SNMPTN dan 75 kursi untuk jalur SBMPTN 2022.

7. Universitas Riau

Tak hanya di Pulau Jawa saja, Universitas Riau di Provinsi Riau juga memiliki Jurusan HI yang masuk daftar unggulan. Jurusan ini bahkan sudah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Bagi kamu yang berada di wilayah Riau dan ingin mengambil Prodi HI di Unri, pada SBMPTN 2022 ini disediakan daya tampung sebanyak 80 kursi.

8. Universitas Katolik Parahyangan

Selain universitas negeri, Jurusan HI di beberapa universitas swasta juga masuk daftar unggulan. Salah satunya saja ada Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis moncer kebanggaan Indonesia, juga pernah mengenyam studi S1 Hubungan Internasional di sana. Universitas Katolik Parahyangan juga cukup berprestasi karena sering menang dalam kejuaraan-kejuaraan terkait Jurusan HI.

9. Universitas Pasundan

Jurusan HI Universitas Pasundan merupakan salah satu prodi HI tertua diantara prodi HI di Universitas lainnya di kota Bandung. Jurusan Hubungan Internasional dibentuk pada tahun 1985 di Kampus I Universitas Pasundan Bandung, Tepatnya di Jalan Lengkong besar.

Jurusan HI menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan menyusul dibentuknya prodi Ilmu Administrasi Negara dan Kesejahteraan Sosial. Pembentukan Prodi ilmu HI dirasa penting mengingat perkembangan keilmuan serta perkembangan ilmu HI itu sendiri dalam tatanan global telah meningkat.

10. Universitas Paramadina

Jurusan HI di Universitas Paramadina juga punya track record bagus. Perguruan tinggi swasta di bilangan Jakarta Selatan ini juga sering dijuluki sebagai kampus artis. Beberapa publik figur yang pernah mengenyam studi HI di Universitas Paramadina adalah Luna Maya, Ashanty, dan pembalap Moreno Soeprapto.

Jurusan HI di Pramadina juga kerap mengadakan serangkaian kunjungan studi ke berbagai lembaga asing yang ada di dalam dan luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan mereka dalam berdiplomasi serta menganalisa kawasan Asia Tenggara dan kawasan lain termasuk Amerika Serikat, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, serta Australia dan Pasifik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)