9 Jurusan Langka yang Hanya Ada Satu di Indonesia, Apa Saja?

Selasa, 07 Juni 2022 - 13:29 WIB
loading...
9 Jurusan Langka yang Hanya Ada Satu di Indonesia, Apa Saja?
9 jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang langka bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa baru untuk mendaftar ke perguruan tinggi . Di Indonesia ada sejumlah universitas yang memiliki jurusan langka dan hanya ada satu di Tanah Air ini.

Meskipun jurusan ini jarang ditemui di perguruan tinggi, namun bukan berarti lulusannya tidak mempunyai prospek kerja di masa depan. Apalagi karena lulusannya terbilang sedikit, tentu kesempatan kerjanya menjadi lebih besar.

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini sembilan jurusan langka dan hanya ada satu di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi calon mahasiswa baru.

1. Jurusan Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB masih menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Astronomi. Tak heran, tiap tahunnya peminat dari jurusan ini pun cukup banyak. Salah satu hal yang paling menarik dari jurusan ini adalah akses langsung untuk belajar di observatorium Bosscha yang legendaris itu.

Mahasiswa akan mempelajari hal-hal seputar benda langit dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya serta kosmologi (ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta).

Baca: 10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

2. Jurusan Sastra Belanda – Universitas Indonesia (UI)

Jurusan sastra memang sangat beragam, namun ternyata dari sekian banyak jurusan sastra dan bahasa hanya ada satu kampus yang membuka jurusan Sastra Belanda yaitu Universitas Indonesia. Hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, di jurusan Sastra Belanda kamu akan belajar seputar sastra, sejarah, linguistik, dan budaya.

3. Jurusan Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7515 seconds (0.1#10.140)