ITS Buka Jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri, Ini Link Pendaftarannya

Rabu, 08 Juni 2022 - 19:44 WIB
loading...
ITS Buka Jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri, Ini Link Pendaftarannya
ITS membuka penerimaan mahasiswa baru di Jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) kembali membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru 2022 melalui Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). SKM ITS membuka pendaftaran mulai 2 hingga 26 Juni 2022.

Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah menjelaskan seleksi ini menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS 2022 atau Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2022 (khusus program studi desain) yang diselenggarakan oleh ITS.

“Seleksi Kemitraan dan Mandiri memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir,” terangnya, melalui siaran pers, Rabu (8/6/2022).

Baca: Mahasiswa UI Juara 3 Asia Pacific dan 6 Dunia Ajang Shell Eco-Marathon 2022

Sementara itu, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono juga memaparkan perbedaan antara seleksi Mandiri dengan Kemitraan. Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK utusan instansi mitra perusahaan, Pemprov, Pemkot, Pemkab yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS. Sedangkan seleksi Mandiri, diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK dari masyarakat umum yang berminat.

Jika untuk mengikuti seleksi Mandiri didasarkan pada nilai UTBK/TKA/UMDesain dan kriteria lainnya. “Sedang untuk seleksi Kemitraan hanya diperlukan melakukan input nomor peserta UTBK, tidak perlu nilai UTBK,” jelasnya.

Tahun ini, ITS kembali membuka skema seleksi melalui UMDesain, yaitu ujian masuk desain yang termasuk dalam skema SKM. Ujian ini hanya terkhusus bagi pendaftar yang ingin masuk di tiga program studi desain ITS, yakni Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produk Industri (Despro), dan Desain Interior.

Menurut Unggul, adanya UMDesain ini dapat membantu calon mahasiswa yang kreatif dan memiliki minat bakat dalam bidang desain. Selama ini, mereka mengalami kendala karena latar belakang non-IPA di SMA dan terkendala dalam mengerjakan UTBK.

Baca juga: Ujian Mandiri Undip Masih Dibuka Hingga 20 Juni, Yuk Daftar

Dalam pelaksanaan UMDesain, para pendaftar mengikuti satu paket ujian yang bersifat wajib. Di antaranya, TPA dan ujian menggambar. Adapun Nilai UTBK baik Saintek maupun Soshum dapat disertakan dan hanya dipertimbangkan jika nilai yang diraih melebihi nilai TPA. Pelaksanaan UMDesain sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2022 dan diselenggarakan di dua kota yaitu Surabaya dan Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)