Tiga SD Raih Juara di Ajang Kompetisi Inovasi Siswa

Rabu, 08 Juni 2022 - 19:54 WIB
loading...
Tiga SD Raih Juara di Ajang Kompetisi Inovasi Siswa
Para pemenang Trakindo Innovakids 2022 berfoto bersama dewan juri. Foto/Trakindo.
A A A
JAKARTA - Tiga Sekolah Dasar ( SD ) negeri meraih juara di ajang kompetisi inovasi Trakindo Innovakids 2022. Mereka mampu membuktikan bahwa inovasi yang tepat guna pun dapat diciptakan walau masih duduk di sekolah dasar.

“Gerakan Transformasi Edukasi Produk Inovasi” menjadi pembuktian komitmen PT Trakindo Utama (Trakindo) pada dunia pendidikan. Sebagai ajang kompetisi inovasi siswa SD dalam bentuk teknologi tepat guna, Trakindo Innovakids 2022 adalah puncak dari rangkaian pembinaan dan pendampingan bagi pendidikan dasar yang di tahun 2021-2022 bertajuk Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo.

Program Trakindo bagi pendidikan dasar telah belasan tahun dilakukan secara intensif. Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo yang menjadi tema tahun ini berjalan sejak Juni 2021 terbagi dalam dua tahap.

Baca: 9 Siswa SMAN Unggulan MH Thamrin Diterima di Kampus Top Dunia

Program ini diadakan untuk mendukung penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar dengan menempatkan siswa atau anak peserta didik sebagai fokus kegiatan. Tahun ini, kegiatan diikuti 40 sekolah, 500 guru dan sekitar 10.000 siswa, orang tua, dan komunitas.

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih mengakui kontribusi Trakindo selama ini telah selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Anak-anak bisa belajar dan berlatih menggunakan rasa ingin tahu untuk mencari jawaban dan solusi sejak dini, serta keinginan untuk belajar yang lebih banyak lagi, tentunya dengan panduan guru.

“Semoga lewat kegiatan yang digagas Trakindo ini, para guru mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif dan para siswa bisa mendapat bekal memadai bagi pendidikannya. Saya berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (8/6/2022).

Tahun ini, seluruh kegiatan Trakindo Innovakids 2022 dilakukan secara virtual. Para perwakilan SD diminta untuk membuat vlog mengenai inovasi mereka dan sesi penilaian, penjurian, sharing, hingga pengumuman pemenang dilakukan secara daring.

SDN 1 Tongo, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara 1 pada Trakindo Innovakids 2022, melalui produk inovasinya yaitu tempat cuci tangan elektrik. Sedangkan Sapa Saya Raja dari SDN 005 Sekupang, Batam, Kepulauan Riau menjadi presenter terfavorit dengan menceritakan produk inovasinya yaitu air purifier.

Baca juga: Luluskan 81 Siswa, SMK-PP Negeri Banjarbaru Siap Majukan Sektor Pertanian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)