10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Kamis, 09 Juni 2022 - 00:27 WIB
loading...
10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa
Universitas Al-Azhar jadi kampus paling diminati dan favorit Santri yang ingin menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Islam adalah agama yang lekat dengan ilmu. Bukan hanya memiliki para ilmuwan yang memberi sumbangsihnya pada kemajuan ilmu pengetahuan, umat Islam juga mendirikan banyak universitas .

Bahkan, Universitas Al Qarawiyyin yang dibangun pada tahun 859 Masehi di Fez, Maroko, dipercaya sebagai universitas pertama di dunia. Kini banyak universitas di seluruh dunia yang menyediakan fakultas atau program studi ilmu agama Islam.

Baca juga: Sederet Universitas Top Dunia yang Paling Sulit Ditembus, Ini Daftarnya

Universitas dan perguruan tinggi Islam yang berdiri di berbagai belahan dunia memiliki peringkat yang cukup baik di negaranya masing-masing ataupun dunia. Baik itu tercatat di lembaga pemeringkatan QS World University Ranking, Times Higher Education, versi uniRank, ataupun pemeringkatan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 universitas terbaik di dunia yang direkomendasikan untuk belajar Islam.

1. Universitas Kairo, Mesir

Universitas Kairo sudah sangat terkenal sebagai universitas terbaik untuk mempelajari Islam. Hingga kini, ada sekitar 200 ribu mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas bergengsi tersebut. Universitas ini sudah ada sejak 1908.

Kala itu, namanya masih bernama Egyptian University. Salah satu fakultas yang ada adalah Dar Al Uloom dan menjadi tujuan tepat bagi mereka yang ingin belajar Islam.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Beberapa departemen yang dimiliki fakultas tersebut adalah departemen syariah Islam, departemen filsafat Islam, dan departemen sejarah serta peradaban Islam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1850 seconds (11.210#12.26)