10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Kamis, 09 Juni 2022 - 00:27 WIB
loading...
10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa
Universitas Al-Azhar jadi kampus paling diminati dan favorit Santri yang ingin menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Islam adalah agama yang lekat dengan ilmu. Bukan hanya memiliki para ilmuwan yang memberi sumbangsihnya pada kemajuan ilmu pengetahuan, umat Islam juga mendirikan banyak universitas .

Bahkan, Universitas Al Qarawiyyin yang dibangun pada tahun 859 Masehi di Fez, Maroko, dipercaya sebagai universitas pertama di dunia. Kini banyak universitas di seluruh dunia yang menyediakan fakultas atau program studi ilmu agama Islam.



Universitas dan perguruan tinggi Islam yang berdiri di berbagai belahan dunia memiliki peringkat yang cukup baik di negaranya masing-masing ataupun dunia. Baik itu tercatat di lembaga pemeringkatan QS World University Ranking, Times Higher Education, versi uniRank, ataupun pemeringkatan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 universitas terbaik di dunia yang direkomendasikan untuk belajar Islam.

1. Universitas Kairo, Mesir

Universitas Kairo sudah sangat terkenal sebagai universitas terbaik untuk mempelajari Islam. Hingga kini, ada sekitar 200 ribu mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas bergengsi tersebut. Universitas ini sudah ada sejak 1908.

Kala itu, namanya masih bernama Egyptian University. Salah satu fakultas yang ada adalah Dar Al Uloom dan menjadi tujuan tepat bagi mereka yang ingin belajar Islam.



Beberapa departemen yang dimiliki fakultas tersebut adalah departemen syariah Islam, departemen filsafat Islam, dan departemen sejarah serta peradaban Islam.

2. Universitas Al Azhar, Mesir

Universitas Al Azhar juga menjadi universitas andalan untuk mempelajari agama Islam. Mahasiswa dari berbagai dunia menuntut ilmu di sini.

Bahkan, tokoh-tokoh besar seperti Gus Dur dan Quraish Shihab menamatkan pendidikannya di kampus tersebut. Al Azhar juga menjadi salah satu universitas tertua di dunia yang dibuka pada tahun 988.

Melansir laman resminya, universitas ini berkomitmen untuk memberikan pemikiran Islam berdasarkan modernisasi dan mampu unggul dalam bidang pendidikan.

Salah satu jurusan yang ada di universitas ini adalah ilmu agama Islam yang akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai seluk beluk Islam, termasuk tradisinya.

3. Shahid Behesti University of Medical Sciences (SBUMS)

Sebagai universitas terbesar kedua di Iran, SBUMS menawarkan bidang keilmuan yang sangat lengkap. Bahkan ada program Advanced Technology in Medicine dan Medical Education and Management.

SBUMS menempati peringkat pertama di Iran dan peringkat ke 35 dunia dalam Times Higher Education Rankings 2020 untuk kategori SDGS/s Good Health and Well Being.

SBUMS memiliki 12 rumah sakit, 5 research institute dan lebih dari 76 research centers dimana 7 di antaranya berkolaborasi dengan WHO. Tersedia juga akomodasi asrama internasional, Menariknya, juga ada asrama untuk pasangan yang sudah berumah tangga.

4. International Islamic University Malaysia (IIUM)

IIUM merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia. Selain itu juga merupakan universitas Malaysia pertama yang memperoleh International Green Gown Award. IIUM memenangkan kategori Best Sustainable Institution pada 2020.

Menurut QS WUR Ranking by Subject, IIUM menempati peringkat 28 untuk bidang Theology, Divinity, and Religious Studies.

Selain studi keagamaan, kampus ini juga unggul di bidang Finance. IIUM juga mempunyai program khusus yaitu Institute of Islamic Banking and Finance dan telah mendapat penghagraan The Best Islamic Finance University versi Global Banking and Finance Award 2017.

5. Umm Al-Qura University

Umm Al-Qura University berdiri pada 1396 dengan nama College of Shari'ah, menjadikan Umm Al-Qura University sebagai universitas tertua di Arab Saudi.

Umm Al-Qura University memiliki 3 kampus yang tersebar di wilayah Kota Mekkah. Untuk bisa kuliah di kampus ini, mahasiswa internasional harus mengikuti kelas Arabic Language for Non Native-Speaker terlebih dulu. Jika lulus, baru bisa lanjut kuliah di bidang yang dipilih.

6. Universitas Al-Qarawiyyin, Marokko

Universitas Al-Qarawiyyin adalah universitas tertua di dunia yang didirikan pada tahun 859 M di Kota Fez, Marokko oleh seorang bangsawan muslimah dari Tunisia yang bernama Fathimah Al-Fihri.

Universitas ini memiliki perpustakaan bersejarah yang masih dibuka untuk umum yang di dalamnya terdapat ribuan manuskrip dan buku-buku bersejarah tentang berbagai macam subjek.

Universitas ini telah melahirkan orang-orang hebat dari baik dari kalangan muslim bahkan Yahudi. Ibnu Khaldun, seorang sejarawan terkemuka, dan Paus Silverter II pernah menuntut ilmu di universitas ini.

7. Iran University of Science and Technology (IUST)

IUST terletak di Tehran, ibukota Iran yang menjadi rumah bagi banyak masjid, gereja, dan tempat ibadah bersejarah lainnya. Di kota ini juga terdapat beberapa landmark Iran seperti Azadi Tower dan Milad Tower.

IUST adalah universitas terbaik keempat di Iran. Terdapat 13 fakultas di bidang engineering and science. Terdapat pula 3 departemen lain di bidang Foreign Language, Islamic Studies, dan Physical Education.

IUST menjadi universitas Iran dengan aktivitas internasional terbanyak pada 2019 dan 2020. Indikatornya aantara lain jumlah paper internasional, kerja sama dengan universitas dan perusahaan luar negeri, dan keanggotaan dalam organisasi internasional.

8. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) berada di peringkat ke-7 versi uniRank. UII merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta. Kampus ini merupakan salah satu PTS tertua di Indonesia. UII berdiri sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 8 Juli 1945.

UII yang didirikan dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) merupakan perguruan tinggi nasional yang pertama kali berdiri di Indonesia. Pada masa itu, pendidikan tinggi yang ada di Tanah Air didirikan dan dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda. Berdirinya STI menjadi bukti, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran akan pendidikan. Kini UII telah berkembang pesat secara akademik maupun non akademik.

9. SĂĽleyman Demirel Ăśniversitesi

Universitas Suleyman Demirel berada di peringkat ke-16 sebagai perguruan tinggi Islam terbaik versi uniRank. Universitas Suleyman Demirel merupakan universitas yang didirikan pada 11 Juli 1992.

Terletak di kota Isparta, universitas ini awalnya merupakan sebuah akademi bernama “Isparta State Engineering and Architecture Academy” yang didirikan pada 1976 dengan fakultas Teknik dan Arsitek sebagai fakultas utama. Universitas ini juga terkenal dalam program Riset Pertanian, Kedokteran, Teknik dan Ilmu Bisnis.

Dengan total 3857 staf, mencakup 2162 staf akademik dan 1695 staf administrasi, lebih kurang 100 ribu mahasiswa, 3000 mahasiswa asing, 19 fakultas, 20 sekolah kejuruan, 6 institusi, 46 pusat aplikasi dan penelitian, fasilitas olahraga bertaraf kelas pelayanan olimpik, serta studi dan pelayanan riset pengembangan menjadikan universitas ini sebagai lembaga lembaga akademik terbesar kedua di Turki.

10 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di peringkat ke-6 versi uniRank. universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta terakreditasi A yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur.

Universitas yang berdiri pada 1964 ini berinduk pada Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur. UMM juga termasuk PTS terkemuka di Indonesia.

Saat ini, UMM menempati 3 lokasi kampus akni kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A, dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk S1 Fisioterapi.

Kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama, sekarang dikonsentrasikan sebagai Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan. Sementara kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat dari seluruh aktivitas.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)