5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

Kamis, 09 Juni 2022 - 15:59 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Elektro terbaik tersedia di beberapa perguruan tinggi negeri . Jurusan ini menjadi salah satu yang diminati masyarakat karena memiliki peluang kerja menarik dan terbuka luas di berbagai bidang.

Mahasiswa jurusan Teknik Elektro akan mempelajari sifat-sifat elektron (listrik) beserta aplikasi dan teknologi terkait dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini juga berkaitan erat dengan konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

LulusanTeknik Elektro memiliki prospek kerja menarik dan luas karena hampir semua sektor membutuhkan keahliannya. Laman Fakultas Teknik Elektro UGM menyebutkan, mahasiswa dengan gelar insinyur Teknik Elektro dibutuhkan oleh industri dalam dan luar negeri.

Selain itu instansi pemerintah, BUMN, dan juga startup juga membutuhkan lulusan jurusan yang satu ini. Lulusan Teknik Elektro didesain untuk mampu bekerja secara luwes di berbagai bidang dan industri seperti PLN/kelistrikan, Migas, industri manufaktur, otomotif sampai pada industri mutakhir seperti industri online, IT, smart systems, hingga industry elektronika maju dan kecerdasan buatan.

Baca: 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jarang Diminati tapi Prospek Kerja Menjanjikan

Sedangkan laman ITB menyebutkan, lulusan Teknik Elektro ITB juga telah banyak mendapat pekerjaan di berbagai sektor perekonomian. Seperti, interactive & digital media, digital & wireless communications, embedded system, electronics industry, intelligent system, IC Design & manufacturing, manufacture, internet technology, multimedia, signal processing, control & automation, energy systems, oil & gas industry, dan biomedical engineering.

Bagi kalian yang ingin tertarik masuk jurusan Teknik Elektro, berikut ini lima rekomendasi perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan tersebut dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) berikut profilnya yang dikutip dari laman masing-masing kampus..

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Prodi Teknik Elektro merupakan salah satu prodi tertua di UGM bahkan di Indonesia. Ilmu Teknik Elektro yang meliputi Teknik Tenaga Listrik, Teknik Kendali dan Instumentasi, Robotika dan Automasi, Isyarat (signal) dan sistem, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan perangkat keras terus berkembang seiring peradaban manusia yang menjadi puncak-puncak teknologi di setiap masa.

Pada era sekarang ini, salah satu kemampuan yang dipelajari di Prodi Teknik Elektro adalah Internet of Things (IoT) dan implementasinya dan kecerdasan mesin artifisial yang merupakan bagian cyber physical systems yang merupakan komponen penting di dalam revolusi industri 4.0.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)