Perkuat MBKM, Ukrida Dorong Kegiatan Magang Mahasiswa

Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:23 WIB
loading...
Perkuat MBKM, Ukrida Dorong Kegiatan Magang Mahasiswa
Ukrida melakukan kerja sama dengan YKKI. Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Universitas Kristen Krida Wacana ( Ukrida ) terus memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) salah satunya program magang mahasiswa. Dalam hal ini Ukrida pun menjalin kerja sama dengan Yayasan Kalam Kudus Indonesia (YKKI).

“Selama ini antara Ukrida dengan Yayasan Kalam Kudus Indonesia sudah terjalin kerja sama yang sangat erat, seperti magang mahasiswa, dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas guru dan karyawan YKKI,” ucap Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi, melalui siaran pers, Jumat (10/6/2022).

Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta Wimpi Salim mengatakan, hubungan kerja yang baik selama ini perlu untuk terus ditingkatkan. “Tantangan dalam pengelolaan sekolah di lingkup YKKI yang jumlahnya cukup banyak dan mencakup area di seluruh Indonesia, akan sangat terbantu melalui adanya kerjasama dengan Ukrida,” katanya.

Baca: Silmy Karim Kukuhkan Kepengurusan IKA FEB Trisakti 2022

Dia juga menyampaikan bahwa keunggulan dan daya saing Ukrida semakin meyakinkan para siswa bahwa lulusan Ukrida akan cepat memperoleh pekerjaan karena Ukrida memiliki jaringan ke Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Banyak masukan dan harapan dari kedua pihak, terutama dukungan Ukrida terhadap proses pendidikan di sekolah-sekolah Kalam Kudus. Direktur Pelaksana YKKI Cabang Jakarta Daniel Suyatno sangat mengapresiasi dukungan Ukrida kepada YKKI, khususnya melalui program mahasiswa magang. Selain itu juga pelatihan SDM bagi para guru dan karyawan sekolah YKKI yang sangat dirasakan manfaatnya.

Salah satunya disampaikan oleh Sufie Hidia, Kepala Sekolah Menengah Atas Kristen Kalam Kudus Green Garden, Jakarta Barat, “Seminar-seminar maupun pelatihan telah diberikan oleh dosen Ukrida bagi guru-guru di sekolah kami. Adanya seminar dan pelatihan ini sangat membantu para guru dalam mengembangkan dirinya. Harapan kami di Kalam Kudus bahwa pihak Ukrida juga dapat memfasilitasi siswa-siswa dalam mengembangkan wawasan dengan topik yang terkini,” imbuhnya.

Baca juga: Wisuda 2022, Ini Pesan Rektor UEU kepada 1.160 Wisudawan

Dunia pendidikan memang perlu beradaptasi seiring berjalannya waktu. Bukan hanya siswa yang harus semakin inovatif melainkan guru juga perlu mengembangkan dirinya. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi wadah mahasiswa maupun tenaga pendidik dapat menyalurkan kompetensi mereka di luar kampus, seperti halnya mahasiswa Ukrida yang magang di sekolah Kalam Kudus.

Sementara dalam wawancara singkat dengan Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta, yang didampingi Direktur Pelaksana YKKI Cabang Jakarta dan pimpinan lain, menekankan terkait program jangka pendek yang perlu segera ditindaklanjuti, yaitu program magang mahasiswa Ukrida di sekolah-sekolah YKKI Cabang Jakarta.

“Selain itu juga pelaksanaan training yang lebih terfokus, serta mengundang siswa-siswa sekolah Kalam Kudus untuk mengikuti webinar dari Ukrida,” ujar Daniel Suyatno.

Seperti yang disampaikan kedua belah pihak, hubungan Ukrida dan YKKI sudah berlangsung dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari cukup banyaknya siswa lulusan sekolah-sekolah Kalam Kudus melanjutkan perkuliahan di beberapa program studi di Ukrida. Demikian juga sebaliknya, sudah ada alumni Ukrida yang bergabung menjadi staf pengajar di sekolah Kalam Kudus.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Ukrida dengan YKKI Cabang Jakarta telah berlangsung pada Rabu, 8 Juni 2022, bertempat di New Junction Ukrida Kampus I, Jakarta Barat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2286 seconds (0.1#10.140)