Ada Jalur Prestasi di Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad, Cek Syaratnya

Sabtu, 11 Juni 2022 - 09:40 WIB
loading...
Ada Jalur Prestasi di Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad, Cek Syaratnya
Unpad masih membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur prestasi. Foto/Tangkap layar laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) masih membuka kesempatan pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjajaran (SMUP) Sarjana Jalur Prestasi . Pendaftaran dapat dilakukan hingga 30 Juni 2022.

“Peserta mendaftar online secara mandiri di website SMUP setelah itu baru kita lakukan verifikasi dokumen secara daring maupun luring,” ujar Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, dikutip dari laman resmi Unpad, Sabtu (11/6/2022).

Baca: Unpad Buka Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri, Begini Ketentuannya

Anas menjelaskan, penilaian dokumen prestasi ini akan dilihat dari level penyelenggara kompetisi, jens medali prestasi, indeks jenis prestai, nilai UTBK, dan hal penting lainnya. “Selain itu akan dilakukan verifikasi fatcual melalu portofolio prestasi yang telah adik-adik masukan,” jelas Anas.

Adapun jenis prestasi yang diterima fokus ke empat bidang, yaitu prestasi sains, seni, olahraga, serta penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya. Prestasi ini didapat dari penyelenggaraan kompetisi dari sejumlah lembaga ternama di level nasional atau internasional.

Wakil Ketua Pelaksana Ujian Online SMUP Inu Isnaeni Sidiq mengatakan, Jalur Prestasi ini hanya diperuntukan untuk peserta yang lulus SMA di tahun 2022. Seleksi yang dilakukan berdasarkan gabungan prestasi non akademik dan kemampuan akademik.

Baca juga: ITS Buka Prodi S1 Teknologi Kedokteran, Calon Maba Sudah Bisa Daftar

“Memang prestasi mendapatkan penekanan yang lebih besar daripada nilai akademik, tetapi tetap kita ingin menjaga supaya SDM yang masuk ke dalam Unpad itu tidak hanya melalui prestasi non-akademik tetapi juga dia bisa mengikuti kegiatan akademiknya juga sehingga dia memiliki keseimbangan antara prestasi akademik dan non akademik,” ujar Inu.

Dikatakan Inu, mahasiswa jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan dan diharapkan mereka dapat berkomtitmen untuk mau berkontribusi untuk peningkatan prestasi kemahasiswan Unpad. “Mari bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan prestasi kemahasiswaan unpad di level nasional dan internasional,” ajak Inu.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1035 seconds (10.55#12.26)