6 Kampus Indonesia yang Menyediakan Program Ekstensi D3 Ke Jenjang S1

Sabtu, 11 Juni 2022 - 10:04 WIB
loading...
6 Kampus Indonesia yang Menyediakan Program Ekstensi D3 Ke Jenjang S1
Program ekstensi merupakan sebuah program lanjutan D3 ke jenjang Sarjana atau S1. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Program ekstensi merupakan sebuah program lanjutan D3 ke jenjang Sarjana atau S1. Biasanya, program ini diadakan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, yang memungkinkan para lulusan Diploma 3 atau D3 untuk mengambil jenjang lanjutan ke S1 tanpa mengulang perkuliahan dari awal.

Dalam hal ini, setiap perguruan tinggi yang membuka program ekstensi memiliki kebijakan dan persyaratannya masing-masing. Selain itu, untuk jurusan yang bisa dipilih pun ditentukan sesuai kebijakan kampus terkait.
Baca juga : 7 Kampus Indonesia dan 3 Kampus Asing Bentuk Konsorsium Dukung Kampus Merdeka

Berikut beberapa kampus yang menyediakan program ekstensi D3 ke Jenjang S1 seperti yang dilansir dalam laman resmi masing-masing universitas :

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia membuka program ekstensi untuk lulusan D3 dan lulusan SMA yang sudah memiliki pengalaman bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Untuk usianya sendiri tidak ada batasan. Sedangkan waktu perkuliahannya dilakukan pada malam hari atau hari Sabtu. Sehingga tidak mengganggu waktu bekerja.

Jurusan yang dibuka dalam program ekstensi UI diantaranya adalah Manajemen, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, dan beberapa lainnya.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga resmi berdiri pada tahun 1954. Kala itu, peresmiannya dihadiri langsung oleh Presiden Soekarno. Pada awal pendiriannya, UNAIR memiliki 5 fakultas seperti Kedokteran, Hukum, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Sastra.

Dalam perkembangannya, UNAIR juga membuka Program Ekstensi. Beberapa jurusan yang disediakan diantaranya adalah Kebidanan dan Keperawatan.

3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Dalam sejarahnya, UNESA tidak bisa dipisahkan dari IKIP Surabaya yang bermula sekitar tahun 1950. IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berdasarkan SK Presiden R.I nomor 93/1999. Kala itu baru ada sekitar 6 fakultas seperti Fakultas Pendidikan, Bahasa dan Sastra, hingga Teknik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)