Seleksi Wilayah Kontes Robot Indonesia 2022 Berakhir, ITS Juarai 4 Kategori

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:46 WIB
loading...
Seleksi Wilayah Kontes Robot Indonesia 2022 Berakhir, ITS Juarai 4 Kategori
Tim Rider ITS berhasil menyabet juara satu dalam kategori KRAI. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menuntaskan kewajiban sebagai tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah bersama Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. Tak hanya menjadi tuan rumah saja, ITS juga berhasil menyabet juara satu dalam empat macam kategori kontes.

Gelar juara yang diraih ITS di Seleksi Wilayah KRI 2022 ini adalah di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Beroda, Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI), dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Hal tersebut menunjukkan bahwa ITS siap dan selalu menjadi yang terdepan dalam bidang kecerdasan buatan. “Tentu hal tersebut wajib dijadikan suatu kebanggaan sendiri oleh ITS,” ucap Ketua Pelaksana KRI 2022 Dr I Ketut Eddy Purnama, melalui siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Baca: Mahasiswa UNY Olah Kulit Singkong Jadi Mie yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Eddy menerangkan, terdapat 281 tim dari 125 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk ke dalam tahap seleksi wilayah. Ia juga menyatakan bahwa peserta tim yang berhasil lolos ke babak nasional akan berlaga di ITS secara luring.

“Kami sudah berdiskusi bahwa KRI Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara luring,” ujarnya.

Dalam laporannya, Eddy selaku Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) menjelaskan, terdapat beberapa kategori lomba yang ada dalam KRI, yakni KRAI, Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI), KRSBI Humanoid dan Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan KRTI.

Baca juga: Angelo Wijaya , Alumnus UGM Raih Juara 1 di Kompetisi Global Bank Dunia

Mengakhiri KRI Tingkat Wilayah, Eddy berharap kepada peserta yang lolos ke babak selanjutnya untuk menjaga semangatnya hingga pada akhir KRI 2022. Ia juga mengekspresikan rasa hormatnya kepada para peserta yang belum lolos ke tahap selanjutnya. “Kami sangat salut dengan sikap sportif kalian selama kompetisi ini berlangsung. Tetap semangat karena ini bukanlah akhir dari segalanya,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Dewan Juri KRI 2022 Prof Dr Eng Drs Benyamin Kusumoputro dengan bangga menyampaikan, sebanyak 46 tim telah berhasil lolos ke tingkat nasional. “Kami dengan bangga mengumumkan bahwa 22 tim dari Indonesia Barat dan 24 tim dari Indonesia Timur berhasil lolos ke babak selanjutnya,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)