ITERA Resmi Buka Prodi Rekayasa Kosmetik Pertama di Indonesia

Rabu, 15 Juni 2022 - 14:21 WIB
loading...
ITERA Resmi Buka Prodi Rekayasa Kosmetik Pertama di Indonesia
ITERA resmi membuka prodi rekayasa kosmetik pertama di Indonesia. Foto/ITERA.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) resmi membuka Program Studi Sarjana (S1) Rekayasa Komestik pertama di Indonesia. Calon mahasiswa yang tertarik masuk ke program studi baru ini bisa mendaftar di tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yang disediakan ITERA.

Pembukaan prodi ini sesuai dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 337/E/O/2022 tentang Izin pembukaan Program Studi Rekayasa Kosmetik program sarjana pada ITERA, yang disahkan 24 Mei 2022.

Setelah resmi mendapatkan izin, Prodi Rekayasa Kosmetik ITERA akan memulai menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa tahun 2022.

Yaitu Seleksi Mandiri SMMPTN-Barat yang pendaftarannya telah dibuka 1 April – 27 Juni 2022, Ujian Saringan Masuk Prestasi Khusus (USM-PK) 11 – 19 Juli 2022, dan Ujian Saringan Masuk Prodi Baru (USM-Prodi Baru) 11 – 20 Juli 2022.

Baca: UPN Veteran Jakarta Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri

Rektor ITERA Prof. Dr. – Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal menyampaikan pendirian Prodi Rekayasa Kosmetik di ITERA merupakan respon ITERA terhadap kebutuhan sumber daya manusia terampil di bidang kosmetik yang saat ini banyak dibutuhkan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, permasalahan krusial dari industri kosmetik di Indonesia adalah kuatnya gempuran produk kosmetik dari luar negeri yang mendominasi pasar nasional.

Selain itu, industri kometik dalam negeri 90% masih mengandalkan bahan baku impor, padahal persediaan sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kosmetik. Untuk itu, dibutuhkan para tenaga terampil dan ahli yang dapat memanfaatkan potensi tersebut.

“Indonesia masih cukup tertinggal jauh perkembangan industri kosmetik dari negara lain karena masih kurangnya SDM yang mumpuni. Oleh sebab itulah ITERA bersama PT Paragon Technology and Innovation hadir untuk membentuk SDM yang siap guna,” ujar Rektor ITERA, melalui siaran pers, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Bonafid

Rektor menambahkan, pendirian Prodi Rekayasa Kosmetik ITERA juga didorong potensi sumber daya alam yang melimpah di Indonesia khususnya di Sumatera, sehingga perlu dimaksimalkan lagi agar memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Sumatera dan Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (10.55#12.26)