Unesa Segera Buka Jalur Seleksi Mandiri, Nilai UTBK Bisa Dipakai

Kamis, 16 Juni 2022 - 08:52 WIB
loading...
Unesa Segera Buka Jalur Seleksi Mandiri, Nilai UTBK Bisa Dipakai
Unesa segera membuka penerimaan mahasiswa jalur seleksi mandiri. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) mulai dibuka 24 Juni 2022. Tahun ini, Unesa membuka beberapa kelompok seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) atau mandiri untuk program sarjana dan sarjana terapan 2022.

Kepala Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin mengatakan, tahun ini Unesa membuka empat jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2022. Kelompok seleksi tersebut sebagai berikut;

1. Kelompok Non-Tes

Kelompok jalur non-tes terdiri dari jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) nasional. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang telah memiliki nilai UTBK 2022. Dengan kata lain, jalur ini hanya menggunakan nilai UTBK dan tidak ada tes atau ujian lagi. Peserta boleh memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum.

2. Kelompok Prestasi

Berbeda dengan kelompok non-tes di atas, jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi di sejumlah bidang. Peserta akan mengikuti seleksi tertulis (online), wawancara dan portofolio.

Baca: Kabar Baik, Lulusan SMK Kini Bisa Tempuh Sarjana di Jerman

Jalur prestasi ini terdiri dari; 1) prestasi keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu). Prestasi keagamaan Islam ada jalur pesantren, tahfidz dan ada jalur MTQ. 2) prestasi olahraga, 3) prestasi seni, dan 4) prestasi kepemimpinan. Bagi peserta yang pernah berprestasi di bidang-bidang tersebut, bisa nih memanfaatkan jalur yang satu ini.

3. TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan

Bagi pendaftar program sarjana maupun sarjana terapan, juga bisa menggunakan jalur tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK). Jenis tesnya tertulis berbasis komputer. “Pada jalur ini, peserta bisa memilih dua prodi, baik kelompok Saintek maupun Soshum. Peserta sebaiknya siapkan diri jauh-jauh hari, belajar dan latihan menjawab soal-soal tes masuk perguruan tinggi,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Kamis (16/6/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2832 seconds (11.97#12.26)