Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi, UT Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Kerinci

Sabtu, 18 Juni 2022 - 08:56 WIB
loading...
Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi, UT Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Kerinci
UT dan Pemerintah Kabupaten Kerinci jalin kerja sama pendidikan. Foto/Humas UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka ( UT ) berupaya untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi ke seluruh daerah di Indonesia dengan jalinan kerja sama antara pemerintah daerah. Kali ini, UT memperluas jaringan kemitraannya dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat berharap dengan adanya kerja sama ini, Pemkab Kerinci dapat berkolaborasi dengan UT untuk menjangkau calon-calon mahasiswa di daerah Kabupaten Kerinci.

Selain itu, ujar Rektor, dengan adanya kerja sama ini maka bisa UT dapat membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para guru, pegawai, dan masyarakat di daerah Kabupaten Kerinci.

Prof. Ojat menambahkan, UT berupaya untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang kompetensi yang telah dimiliki sebelum masuk kuliah, akan tetapi UT lebih memperhatikan kompetensi yang dapat dan akan dimiliki mahasiswa selepas lulus dari UT.

Baca: SIR 2022, Fakultas Hukum Unair Jadi Institusi Terbaik di Indonesia

“UT tidak main-main dengan kualitas pembelajaran jarak jauh. Perbedaan UT dengan universitas lain yang saat ini, sejak pandemi menyelenggarakan pembelajaran secara daring adalah, UT sudah sejak lama menerapkan norma dan kaidah pembelajaran jarak jauh dengan menekankan prinsip Online Pedagogy dan melibatkan Student Engagement dalam pembelajaran di alam maya,” katanya, dikutip dari laman UT, Sabtu (18/6/2022).

Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adirozal menyebutkan bahwa UT mampu memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa yang juga memiliki kewajiban untuk mencari nafkah, sebagaimana halnya yang banyak terjadi pada calon-calon mahasiswa di daerah Kabupaten Kerinci.

“Misi UT untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat adalah hal yang mulia, yang tentunya perlu didukung oleh seluruh pihak,” ungkap Bupati.

Baca juga: Ingin Kuliah Gratis di Universitas Negeri dan Swasta, Segera Daftar KIP Kuliah 2022

Selain itu, Kabupaten Kerinci pun membutuhkan banyak dukungan dari berbagai penyelenggara pendidikan, seperti UT, untuk meningkatkan laju dan mutu pendidikan di Kabupaten Kerinci. Dia menyampaikan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah langkah awal yang besar demi kemajuan SDM Kabupaten Kerinci.

Nota kesepahaman telah ditandatangani UT dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci pada Kamis, 16 Juni 2022 secara luring di Ruang Pelatihan Lantai 2 Gedung Serbaguna Kantor UT Pusat. Nota Kesepahaman UT dan Pemkab Kerinci ini ditandatangani langsung oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat dan Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adiroza. Acara ini dimulai dengan UT Head Office Tour (UT HOT) atau yang juga dikenal dengan Campus Tour.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1676 seconds (11.97#12.26)