Orang Tua, Ini Tips Menyeimbangkan Kerja Otak Kanan dan Kiri pada Anak

Minggu, 19 Juni 2022 - 15:39 WIB
loading...
Orang Tua, Ini Tips Menyeimbangkan Kerja Otak Kanan dan Kiri pada Anak
Otak yang cerdas ditandai dari cara kerja otak yang berada di atas rata-rata. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Otak yang cerdas ditandai dari cara kerja otak yang berada di atas rata-rata. Hal tersebut karena keseimbangan yang dilakukan otak dalam bekerja, dilatih dan dikembangkan sejak dini. Jika rutin dilakukan, maka potensi kecerdasan anak akan semakin besar dan berkembang dengan lebih optimal.

Fungsi otak bukan hanya untuk mengingat. Karena baik otak kanan maupun kiri keduanya memiliki peran masing masing. Otak kanan berfungsi untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna membentuk dan emosi serta ingatan jangka panjang. Sedangkan otak kiri berkaitan dengan logika, hitungan, analisa, tulisan dan ingatan jangka pendek.

Baca juga: Bangga, Siswi Madrasah Raih Medali Olimpiade Matematika Internasional Hongkong 2022

Agar mendapatkan fungsi yang lebih baik, orang tua perlu melatih otak anak sejak dini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan agar bekerja lebih optimal:

1. Mengulang Materi yang telah Dipelajari

Saat malam sebelum anak beristirahat, usahakan untuk meluangkan waktu mengulang kembali apa yang sudah dipelajari di sekolah. Hal ini dinilai dapat melatih otak anak karena sesuatu yang dipelajari anak secara berulang akan lebih mudah tertanam di otaknya.

2. Libatkan Alat Peraga untuk Belajar

Belajar menggunakan alat peraga dapat membuat ingatan bertahan lebih lama. Selain lebih mudah dicerna,logika, anak juga dapat mudah memproses informasinya. Hal inilah yang dapat melatih keseimbangan kerja otak baik yang kanan ataupun yang kiri.

Baca juga: Ini Alasan Utama Kenapa Jurusan Kedokteran Banyak Peminatnya

3. Ajarkan Lebih Banyak Kosa Kata
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3106 seconds (10.55#12.26)