4 Robot Buatan Mahasiswa Indonesia yang Pernah Menang di Kompetisi Internasional, Nomor Terakhir Kalahkan Amerika

Selasa, 21 Juni 2022 - 21:54 WIB
loading...
4 Robot Buatan Mahasiswa Indonesia yang Pernah Menang di Kompetisi Internasional, Nomor Terakhir Kalahkan Amerika
Sedikitnya ada empat robot buatan mahasiswa Indonesia yang pernah menang dalam kompetisi Internasional. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat robot buatan mahasiswa Indonesia yang pernah menang dalam kompetisi Internasional . Bahkan diantaranya mampu mengalahkan negara maju seperti Amerika Serikat.

Meskipun perkembangan teknologi robotik belum berkembang pesat di Indonesia seperti pada negara maju. Namun dengan banyaknya prestasi bukan tidak mungkin Indonesia dapat bersaing dalam hal produksi robot.

Baca juga : Robot Mestro_Evo UNY Wakili Indonesia di Kompetisi Robot Internasional di China

Berikut empat robot buatan mahasiswa Indonesia yang pernah menang di kompetisi Internasional seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Robot Khaum I & II serta Sultan Agung I&II buatan Mahasiswa Unissula

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mengirimkan tim robotik untuk bertanding di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest tersebut diselenggarakan pada 2-3 April 2016 lalu.

Dalam ajang ini tim robotik yang terdiri dari Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri yang berasal dari Fakultas Teknologi itu bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara. Antara lain Tiongkok, Israel, dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat.

Robot yang dibawa oleh tim Unissula ini adalah dua robot pemadam api beroda bernama Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki, dengan nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II. Mahasiswa Unissula berhasil mempersembahkan gelar juara umum lewat robot yang telah diciptakannya ini.

2. Robot Pemadam Api buatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa program studi teknik elektro Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih juara pertama untuk kategori robot pemadam api berkaki, dan juara kedua untuk robot pemadam api beroda oleh Defence Science Organization (DSO) National Laboratories and Science Centre yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Singapura

Pada tahun 2018 tim robot ini sempat meraih juara satu pada kontes robot Indonesia untuk kategori regional dan nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)