Universitas Darunnajah Resmi Berdiri, Inspirasi bagi Perguruan Tinggi Pesantren di Indonesia

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
Universitas Darunnajah Resmi Berdiri, Inspirasi bagi Perguruan Tinggi Pesantren di Indonesia
Universitas Darunnajah resmi berdiri, inspirasi bagi perguruan tinggi pesantren di Indonesia. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Universitas Darunnajah resmi berdiri dengan mengedepankan ciri khas kampus berbasis pesantren. Universitas Darunnajah yang memiliki 10 program studi ini pun pun akan menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi pesantren yang ada di Tanah Air.

Wakil Rektor III Universitas Darunnajah H. Hendro Risbiyantoro M.Si.mengatakan, Universitas Darunnajah merupakan cita-cita dari tiga pendiri Pondok Pesantren Darunnajah K.H. Abdul Manaf Mukhayyar, Kol. Pol. Drs. K.H. Kamaruzzaman, dan Drs. K.H. Mahrus Amin.

“Para pendiri pesantren Darunnajah tersebut menginginkan para alumninya bisa mengambil istimbath (kesimpulan) hukum, satu hal yang belum bisa dilakukan oleh alumni tingkatan aliyah,” katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

Baca: Inovasi Baru Bidang Peternakan, Peneliti IPB Ciptakan Varietas Baru Ayam Lokal

Para generasi penerus membaca dengan baik apa yang dimaksud oleh para pendiri tersebut, yakni alumni perguruan tinggilah yang bisa melakukannya. Pimpinan pesantren saat ini, DR. K.H. Sofwan Manaf, M.Si. dan K.H. Hadianto Arief, S.H. M.Bs. pun memahami betul apa yang harus dilakukan, yaitu mendirikan universitas.

“Mereka berdua pun berupaya keras mewujudkan berdirinya Universitas Darunnajah, salah satu universitas berbasis pesantren di Ibu Kota. Dengan izin Allah SWT, akhirnya Surat Keputusan (SK) Universitas Darunnajah resmi diterbitkan pada hari Jum’at, tanggal 10 Juni 2022,” jelasnya.

Dia mengatakan, Universitas Darunnajah menjadi rumah besar dari sistem pendidikan terintegrasi (one pipe education system) Darunnajah. Saat ini, Yayasan Darunnajah memiliki lembaga pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan sistem pesantren-Tarbiyatul Muallimin/at Islamiyyah (TMI), dan Universitas Darunnajah.

“Rumah besar ini akan menjadi tempat berjuang bagi seluruh kader-kader terbaik Darunnajah untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan nilai-nilai Islam dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan mencetak kader-kader ulama. Salah satu ciri khas Universitas Darunnajah adalah kampus yang berbasis pesantren,” imbuhnya.

Universitas Darunnajah didirikan dengan menggabungkan tiga Sekolah Tinggi yang berada di Jakarta dan Jawa Barat. Tiga Sekolah Tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah Jakarta, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah Bogor, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Darunnajah Jakarta atau yang dikenal dengan Darunnajah Business School (DBS).

Baca juga: Jelang Pengumuman SBMPTN 2022, Calon Mahasiswa: Dear LTMPT, Cape Disemangatin Terus, Tahun ini Kasih Selamat Ya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2061 seconds (11.252#12.26)