UNPAR Buka Penerimaan Jalur Khusus Maba Pakai Nilai UTBK 2022, Simak Syaratnya

Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:15 WIB
loading...
UNPAR Buka Penerimaan Jalur Khusus Maba Pakai Nilai UTBK 2022, Simak Syaratnya
Universitas Katolik Parahyangan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Khusus menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
A A A
BANDUNG - Universitas Katolik Parahyangan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Khusus menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Penerimaan dibuka hingga 19 Juli 2022 bagi para calon mahasiswa yang telah mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Seleksi jalur UTBK ini memberi kemudahan bagi calon mahasiswa tanpa perlu tes dan proses seleksi hanya berdasarkan nilai UTBK yang diperoleh dari LTMPT.

Seleksi Khusus Jalur UTBK ini dibuka untuk semua Program Studi dan Program Peminatan S1 dan DIII melalui laman pmb.unpar.ac.id. Calon mahasiswa yang memenuhi kriteria dan persyaratan nilai UTBK yang ditentukan nantinya langsung dinyatakan lulus seleksi untuk melanjutkan studi di UNPAR.

Untuk pendaftaran program S1, UNPAR menentukan biaya sebesar Rp250.000. Sedangkan untuk program D3, biaya pendaftaran sebesar Rp150.000. Calon mahasiswa dapat memilih sampai tiga pilihan program studi. Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.

Adapun persyaratan khusus, yaitu Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Tidak buta warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.

Calon mahasiswa yang berminat masuk UNPAR melalui jalur nilai UTBK ini mesti menyiapkan beberapa berkas yang harus diunggah, antara lain:

1. Fotokopi akta kelahiran.
2. Sertifikat perolehan hasil UTBK, surat keterangan jurusan SMA (Surat Keterangan Lulus) atau legalisir ijazah SMA untuk siswa yang bersekolah di sekolah internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA).
3. Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 hingga kelas 3.
4. Menyertakan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro dan fotokopi rapor kelas X – XII yang telah dilegalisir;

Sementara alur pendaftaran Seleksi Khusus Jalur UTBK, peserta mendaftar melalui laman UNPAR di pmb.unpar.ac.id, peserta bisa mengikuti langkah-langkah pengisian yang ada.

Jadwal Pelaksanaan Jalur Seleksi UTBK UNPAR:

1. Pendaftaran peserta melalui website pmb.unpar.ac.id: 20 Juni 2022 - 19 Juli 2022 paling lambat pukul 15.00 WIB.
2. Pembayaran biaya pendaftaran: 20 Juni 2022 - 20 Juli 2022 paling lambat pukul 15.00 WIB.
3. Upload berkas pendaftaran, input nilai UTBK, dan cetak bukti pendaftaran: 20 Juni 2022 - 20 Juli 2022.
4. Ujian gambar (khusus yang memilih Program Studi Arsitektur) dan esai/karya (khusus yang memilih Integrated Arts pada Program Studi Filsafat) secara online: 22 Juli 2022.
5. Pengumuman hasil seleksi UTBK dapat dicek di pmb.unpar.ac.id mulai pukul 18.00 WIB: 28 Juli 2022.
6. Pembayaran biaya studi bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru: 1 Agustus 2022 - 20 Agustus 2022.
7. Upload berkas daftar ulang calon mahasiswa baru: 1 Agustus 2022 - 21 Agustus 2022.
8. Awal perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022: 12 September 2022 sesuai kalender akademik.

8 Program Baru UNPAR
Menjawab tantangan zaman sekaligus memanfaatkan peluang di tengah ketatnya persaingan di era kini, UNPAR pun menawarkan 8 program peminatan teranyar dengan skill set mumpuni sebagai jawaban kebutuhan terkini.

Adapun program peminatan tersebut yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

Di tengah persaingan dunia kerja yang tak hanya mengandalkan gelar sarjana, 8 program peminatan terbru UNPAR sudah sewajarnya menjadi pilihan untuk menjawab kepentingan zaman. Generasi muda perlu memilih bidang yang berhubungan dengan kebutuhan terkini.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line). CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)