Menengok Kiprah Sekolah Penggerak di SMAS Plus Budi Utomo Makassar, Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan untuk Siswa

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:23 WIB
loading...
Menengok Kiprah Sekolah Penggerak di SMAS Plus Budi Utomo Makassar, Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan untuk Siswa
Kepala sekolah, siswa, dan guru SMAS Plus Budi Utomo Makassar berfoto di depan sekolah. Foto/SINDOnews/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam program Merdeka Belajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan. Salah satunya Sekolah Penggerak sebagai program Merdeka Belajar episode ketujuh.

Program Sekolah Penggerak sebagai katalis untuk mewujudkan pendidikan Indonesia diawali dengan SDM kepala sekolah dan guru yang fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, sehingga terwujud profil Pelajar Pancasila. Pada 2021, Kemendikbudristek telah merealisasikan 2.500 Sekolah Penggerak di 34 provinsi dan 250 kabupaten/kota.

SMAS Plus Budi Utomo Makassar yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu Sekolah Penggerak Angkatan 1. Mereka merasakan dengan menjadi Sekolah Penggerak dengan memakai Kurikulum Merdeka menghasilkan capaian pembelajaran peserta didik dengan tingkat penguasaan ilmu dan motivasi belajar yang kian meningkat.

Baca: 10 Provinsi yang Siswanya Paling Banyak Lolos SBMPTN 2022, Jatim Tertinggi

Kepala Sekolah SMAS Plus Budi Utomo Makassar Dede Nurohim mengaku awalnya tidak begitu mengerti mengenai Sekolah Penggerak. Bahkan ketika dia mengajak kepala sekolah lain untuk bergabung ke Sekolah Penggerak responnya pun negatif.

Mereka berpikiran, adanya Sekolah Penggerak hanya akan menambah beban kerjaan sekolah saja di saat tugas yang lain saja pun belum terselesaikan. Namun SMAS Plus Budi Utomo pun bergabung dengan Sekolah Penggerak sebab ada dorongan dari Andi Fahri, guru kimia di sekolah tersebut yang telah menjadi Guru Penggerak.

Alasan lain SMA ini bergabung karena tujuan Sekolah Penggerak ini sama dengan visi misi yang diemban oleh yayasan. SMAS Plus Budi Utomo pun mengikuti serangkaian tes dan wawancara Sekolah Penggerak hingga dinyatakan lulus oleh Kemendikbudristek.

"Pembangunan karakter yang menjadi landasan Sekolah Penggerak ini matching dengan visi misi yayasan kami. Penanaman karakter ini sama halnya dengan pendirian sekolah kami yang berbasis boarding school," katanya ketika ditemui di sekolahnya, Rabu (22/6/2022).

SMAS Plus Budi Utomo Makassar pun menjadi salah satu dari sembilan sekolah yang terpilih menjadi Sekolah Penggerak di Kota Makassar. Misi Sekolah Penggerak untuk mengembangkan kemandirian, gotong royong, bekerja sama dan bernalar kritis siswa pun akan semakin ditingkatkan di sekolah yang juga sudah menjalankan penanaman karakter itu di sekolah ini sebelumnya.

Menurut Dede, selaku kepala sekolah dia sangat merasakan perbedaan antara sebelum masuk menjadi Sekolah Penggerak dan sesudah bergabung. Output yang dirasakan adalah meningkatnya capaian pembelajaran peserta didik sebab motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)