Diterima Jadi Mahasiswa Baru ITS? Ini Info Kos untuk Kalian

Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:52 WIB
loading...
Diterima Jadi Mahasiswa Baru ITS? Ini Info Kos untuk Kalian
Info kos untuk calon mahasiswa baru yang diterima di ITS. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Menyambut maraknya periode penerimaan mahasiswa baru, indekos atau biasa disebut kos, merupakan salah satu aspek yang cukup penting. Bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tentunya tak boleh ketinggalan info kos di ITS ini.

Ada beberapa daerah yang menjadi pusat tempat tinggal para Mahasiswa ITS, mulai dari daerah Gebang, Keputih, Mulyosari, dan Asrama ITS. Tarif tempat tinggal yang ditawarkan juga beragam, bergantung pada fasilitas yang ditawarkan seperti penggunaan kamar mandi, air conditioner (AC), hingga biaya listrik, air, dan internet.

Mengulas daerah favorit yang pertama, Gebang. Letaknya sangat dekat dengan ITS, yaitu sisi barat gerbang utama atau Bundaran ITS. Daerah ini memiliki kondisi permukiman yang cukup padat dan jalan yang sempit.

Baca: Tips Memilih Kos di Sekitar UGM untuk Mahasiswa Baru

“Variasi harga indekos di Gebang juga beragam, mulai dari 500 ribu ke bawah pun ada,” terang Devi Nur, mahasiswa Departemen Statistika 2020, salah satu mahasiswa yang indekos di Gebang, dikutip dari laman ITS, Jumat (24/6/2022).

Berpindah ke daerah yang paling diminati selanjutnya, Keputih. Berada di dekat gerbang belakang ITS, aksesnya ke kampus masih tergolong mudah. Mahasiswa Magister, Aruni Rahmaniar mengungkapkan, daerah ini ramai dan terkenal karena segala kebutuhan tersedia.

Salah satunya banyak ditemukan supermarket yang cukup besar. “Biaya indekos saya, 2 juta per tiga bulan. Di Keputih juga banyak indekos dengan harga mulai 500 ribu,” ujarnya.

Masih di lingkup luar kampus, daerah Mulyosari juga perlu dipertimbangkan. Menurut Zefanya Nouriel, mahasiswa Departemen Teknik Sipil, suasana di daerah tersebut relatif tidak terlalu padat dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Dengan harga indekos mulai dari 800 ribu hingga 1,2 juta, sebagian besar fasilitas kamar sudah dilengkapi AC dan kamar mandi dalam,” ujarnya.

Beralih ke daerah internal kampus, Asrama ITS menjadi salah satu opsi yang sering diperebutkan para mahasiswa baru. Selain aksesnya yang dekat dengan fasilitas di dalam kampus, biaya sewanya juga tergolong lebih murah dibanding dengan harga pasaran indekos di luar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3786 seconds (0.1#10.140)