Ini 10 Tokoh Islam yang Berkontribusi di Bidang Matematika

Jum'at, 24 Juni 2022 - 18:41 WIB
loading...
Ini 10 Tokoh Islam yang Berkontribusi di Bidang Matematika
Al Khawarizmi mempunyai nama lengkap Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ilmuwan Islam dalam bidang Matematika telah mewariskan pemikiran-pemikiran besar yang digunakan hingga saat ini. Matematika di era kejayaan peradaban Islam masa lampau merupakan kajian yang sangat penting.

Bahkan, ilmuwan Islam pada masanya sering menggabungkan matematika dengan bidang ilmu lain, misalnya astronomi, sistem aljabar, geometri, kalkulus, hingga trigonometri.

Baca juga: UI Terima 1.707 Camaba lewat Jalur SBMPTN 2022, Ini 2 Jurusan Paling Diminati

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 1o ilmuwan Islam di bidang matematika:

1. Al Khawarizmi

Al Khawarizmi mempunyai nama lengkap Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Ia lahir di Khiva di selatan Amu Darya pada 780 M. Ia dikenal dengan julukan Bapak Aljabar Modern. Salah satu karyanya adalah menciptakan sistem aljabar.

Istilah aljabar berasal dari karya Al Khawarizmi yang berjudul Hisab Al Jabir Wal Mukabalah atau saat ini disebut kalkulasi integral dan persamaan. Istilah algorisme yang berarti sistem persepuluhan merupakan ucapan orang barat kepada Al Khawarizmi.

Berkat penemuannya ini, simbol bilangan 1-9 dan angka nol yang kemudian disebut sistem algorisme ini mampu memecah kesulitan simbol yang saat itu masih menggunakan angka Romawi.

2. Abu Wafa Al Buzjani

Al Buzjani merupakan tokoh Islam di bidang matematika dan astronomi. Ia lahir di kota kecil Buzjan, Nishapur pada 940 M. Sejak kecil, kecerdasannya sudah terlihat serta minatnya di bidang ilmu alam. Al Buzjani berhasil mengembangkan beberapa teori penting seperti geometri dan trigonometri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0909 seconds (10.101#12.26)