Terbanyak di Indonesia, 221 Mahasiswa UI Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:22 WIB
loading...
Terbanyak di Indonesia, 221 Mahasiswa UI Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022
UI jadi yang terbanyak dalam seleksi penerima beasiswa IISMA 2022. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 221 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari berbagai program pendidikan lolos seleksi beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) periode 2022/2023. IISMA merupakan program beasiswa dari pemerintah Indonesia bagi mahasiswa sarjana untuk mengikuti program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri.

Program ini dikelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. Program ini bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, jumlah mahasiswa pendaftar dan yang diterima dalam program IISMA meningkat pesat. Pada 2021, mahasiswa yang lolos pada program IISMA hanya berjumlah 97 orang.

Meningkatnya jumlah peserta yang lolos di IISMA menunjukkan UI mampu bersaing tidak hanya di level nasional, tetapi juga di kancah internasional. UI selalu berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya guna meningkatkan reputasi pemeringkatan, baik di QS University Ranking, THE World University Ranking, Webometric, maupun di pemeringkatan lainnya.

Baca: 39 Pelajar Raih Beasiswa Indonesia Maju ke Kampus Terbaik Dunia

“Program pertukaran pelajar atau yang dikenal IISMA ini merupakan upaya untuk meningkatkan reputasi universitas. Mahasiswa yang lolos tersebut merupakan agen-agen UI yang membuka peluang baru untuk berkolaborasi, baik dalam hal akademik, kemahasiswaan, maupun penelitian. Kami berharap peserta yang menempuh pendidikan IISMA dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, memperluas pergaulan, serta membuktikan kepada universitas global bahwa mahasiswa UI berkualitas dan mampu bersaing,” kata Prof. Ari, melalui siaran pers, Sabtu (25/6/2022).

Meningkatnya jumlah mahasiswa yang lolos dalam program IISMA 2022 tidak lepas dari peran dan kolaborasi tiga unit kerja di UI, yaitu Center for Independent Learning (CIL), Direktorat Kemahasiswaan, dan Kantor Urusan Internasional.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala CIL UI, Astha Ekadiyanto berkat kolaborasi ini, UI menjadi yang terdepan di Indonesia sebagai universitas yang mampu mengirimkan pelajar ke berbagai universitas top global, seperti University of British Columbia, The University of Pennsylvania, University College London, The University of Edinburgh, Nanyang Technological University, University of Melbourne, University of Auckland, dan Korea University.

Kehadiran mahasiswa UI dalam program IISMA diharapkan mengharumkan nama UI di kancah internasional dengan memberikan hasil terbaik. Nantinya, peserta IISMA akan menempuh pembelajaran 20 Satuan Kredit Semester (SKS) selama satu semester di universitas global terpilih.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, 10 Tips untuk Mendapatkan Beasiswa Universitas Top Dunia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)