4 Jalur Mandiri untuk Masuk Unesa Selain SBMPTN, Buruan Daftar!

Senin, 27 Juni 2022 - 12:23 WIB
loading...
4 Jalur Mandiri untuk Masuk Unesa Selain SBMPTN, Buruan Daftar!
4 jalur mandiri untuk masuk Unesa selain SBMPTN. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) masih menyediakan empat jalur masuk mandiri selain Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ). Jalur non tes atau UTBK Nasional merupakan jalur yang akan ditutup pendaftarannya pada 30 Juni 2022.

Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin mengatakan, bagi peserta yang belum diterima lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN, tidak perlu khawatir, karena Unesa masih membuka jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) atau jalur mandiri. Pada jalur ini, ada empat kelompok seleksi yang disiapkan Unesa.

Berikut ini penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari laman Unesa, Senin (27/6/2022).

Baca: 5.158 Peserta SBMPTN 2022 Diterima Unesa Wajib Daftar Ulang, Ini Caranya

1. Kelompok Non-Tes atau jalur UTBK Nasional

Peserta yang sudah mengikuti UTBK dan belum lulus bisa menggunakan nilai UTBK-nya untuk mendaftar lagi di Unesa. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang telah memiliki nilai UTBK 2022. Dengan kata lain, jalur ini hanya menggunakan nilai UTBK dan tidak ada tes atau ujian lagi. Peserta boleh memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum.

2. Kelompok Prestasi

Berbeda dengan kelompok non tes di atas, jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi di sejumlah bidang. Peserta akan mengikuti seleksi tertulis (online), wawancara, dan portofolio.

Jalur prestasi ini terdiri dari:
1. Prestasi keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu). Untuk agama Islam ada jalur pesantren, tahfidz dan ada jalur MTQ.
2. Prestasi olahraga
3. Prestasi seni
4. Prestasi kepemimpinan.

Baca juga: UNY Wisuda 937 Mahasiswa, Ini Wejangan Rektor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)