10 Strategi Sukses Lolos Ujian Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Rabu, 29 Juni 2022 - 00:51 WIB
loading...
10 Strategi Sukses Lolos Ujian Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri Favorit
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa yang tidak lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 tak perlu khawatir.

Masih ada alternatif terakhir yang bisa ditempuh agar tetap bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) idaman, yakni jalur Seleksi Mandiri . Saat ini, masih ada sejumlah PTN yang masih membuka pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri.



Materi seleksi jalur ujian mandiri hampir sama dengan tes SNMPTN/SBMPTN yang meliputi Tes Kemampuan Dasar, Tes Potensi Akademik, serta Tes Kelompok SAINTEK/SOSHUM.

Hanya saja, soal yang disajikan lebih beragam karena murni dikembangkan oleh PT masing-masing. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips agar bisa lolos menghadapi ujian mandiri:

1. Cari tahu informasi mengenai pelaksanaan ujian mandiri

Tips pertama yang wajib kalian lakukan adalah rajinlah mencari informasi tentang pelaksanaan ujian mandiri dari PTN pilihanmu. Biasanya setiap PTN punya ketentuan seleksi yang berbeda-beda.



Jadi kalian perlu membuat catatan mengenai tata cara ujian, syarat ujian, jadwal dan biaya pendaftaran, hingga apa saja yang nantinya akan dibutuhkan ketika hari H.

2. Pilih prodi sesuai minat dan kemampuan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)