Sastra Jerman Unesa Buka Peluang Belajar dan Karier di Luar Negeri

Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:51 WIB
loading...
Sastra Jerman Unesa Buka Peluang Belajar dan Karier di Luar Negeri
Unesa memiliki jurusan Sastra Jerman yang membuka peluang belajar dan karier di luar negeri. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memiliki jurusan Sastra Jerman yang memberikan pengajaran kemampuan bahasa Jerman dari nol. Profil lulusannya pun tidak hanya fasih berbahasa Jerman namun juga softskil lain untuk bekal belajar dan kerja di luar negeri.

Selain bahasa Inggris, bahasa Jerman juga memiliki kedudukan penting dalam bahasa internasional. Hal ini dikarenakan posisi strategis Jerman sebagai negara industri dan negara adidaya di Eropa. Sehingga tentunya, kemampuan berbahasa Jerman dalam pergaulan global juga penting dimiliki generasi saat ini.

Kampus yang dipimpin Rektor Prof Dr H Nurhasan itu memiliki prodi Sastra Jerman yang memberikan pengajaran tentang kemampuan berbahasa Jerman mulai dari dasar bagi seluruh mahasiswa barunya. Para mahasiswa baru dalam program orientasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga akan dibekali pelajaran tentang dasar Bahasa Jerman yang dibimbing langsung oleh kakak tingkatnya.

Baca: Cerita Alin, Mahasiswa Unair yang Alami Culture Shock Saat Ikut IISMA ke Korsel

Selain itu, profil lulusan tidak hanya diarahkan mampu berbahasa Jerman, tetapi memiliki bekal softskill lainnya. “Di Sastra Jerman, profil lulusan kami arahkan pada bidang penerjemah tertentu khususnya di bidang wisata dan jurnalistik yang tentunya dapat memberikan kesempatan karier yang luas baik saat maupun setelah lulus nanti,” ungkap Ketua Prodi Sastra Jerman, Yunanfathur Rahman, dikutip dari laman Unesa, Sabtu (2/7/2022).

Ia menjelaskan lebih lanjut, ada dua mata kuliah yang menjadi unggulan di Sastra Jerman Unesa yaitu mata kuliah Menulis Kreatif untuk Pariwisata atau dalam kurikulum sastra Jerman disebut Kreatives Schreiben fuer Tourismus dan Mata Kuliah Mendevelop naskah Jurnalistik atau Arbeit am Text fuer Journalismus.

Baca juga: Mahasiswa Unair Ciptakan Bahan Bakar Alternatif dari Sekam

Tak hanya mempelajari Sastra Jerman dalam kelas, para mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan program pertukaran pelajar dan mengapply beasiswa ke Jerman. Contohnya, pada Juli ini akan ada perwakilan mahasiswa yang diberangkatkan ke Chulalangkorn University untuk mengikuti pertemuan pelajar Jerman se-Asean, Kemudian bulan Agustus juga terdapat mahasiswa yang mengikuti summer course di Universitaet Muenster dan Technische Universitaet Dresden Jerman.

Selain itu, prospek kerja alumnusnya juga luas, baik di luar negeri maupun dalam negeri. Seperti memulai karier dengan Ausbildung atau magang di beberapa bidang industri Jerman, yakni kesehatan, media maupun pendidikan.

Sedangkan beberapa prospek karier alumnus Sastra Jerman di dalam negeri biasanya bekerja di Wisma Jerman yakni sebuah perwakilan Dinas Kebudayaan Jerman di Surabaya, konsulat Jerman maupun berkarier di sejumlah media ternama nasional, seperti MNC Group, Times Indonesia, dan lain-lain
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1024 seconds (10.177#12.26)