Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka Besok, Ini Syarat dan Cara Daftar

Minggu, 03 Juli 2022 - 13:37 WIB
loading...
Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka Besok, Ini Syarat dan Cara Daftar
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 2 kembali dibuka pada Senin, 4 Juli 2022. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan.

Beasiswa LPDP menyediakan pembiayaan pendidikan untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Para pejuang kuliah bisa mendaftar untuk jenjang S2 dan juga S3 dengan beasiswa di bawah koordinasi Kementerian Keuangan ini.



Dikutip dari laman resmi LPDP, Minggu (3/7/2022) calon mahasiswa yang ingin kuliah dengan beasiswa LPDP bisa melakukan pendaftaran secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Berikut ini tahapan untuk melakukan pendaftaran beasiswa LPDP 2022, di mana seleksi tahap 2 ini diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat Januari 2023.

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran



3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program).

Terkait dengan proses seleksi, nantinya akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Sehingga seleksi bisa dilakukan secara daring atau luring atau gabungan antara keduanya (hibrida).

Syarat pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap II

1. WNI

2. Sudah menyelesaikan studi D4/S1 untuk beasiswa S2, sudah menyelesaikan studi S2 untuk jenjang S3, serta sudah lulus D4/S1 langsung doktor.

3. Dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Ditjen Dikti Kemendikbudristek atau Kedutaan Besar RI di negara asal universitas.

4. Tidak sedang menempuh pendidikan program magister atau doktoral di perguruan tinggi dalam negeri/luar negeri. WNI yang sudah menyelesaikan S2 tidak boleh mendaftar beasiswa magister.

5. Demikian juga WNI yang sudah menyelesaikan studi S3 tidak boleh mendaftar jenjang doktor.

6. Menyertakan surat rekomendasi dari akademisi untuk yang belum bekerja, sedangkan yang sudah bekerja bisa melampirkan surat rekomendasi dari atasan.

7. Memilih universitas dan prodi sesuai ketentuan LPDP.

8. Beasiswa hanya untuk kelas reguler, bukan kelas eksekutif, khusus, karyawan, jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan lebih dari satu negara perguruan tinggi, atau kelas lain yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP.

9. Melengkapi profil pendaftaran.

10. Menulis personal statement, tidak ada ketentuan khusus.

11. Menuliskan komitmen untuk kembali ke Indonesia dan rencana kontribusinya di Indonesia setelah menyelesaikan studi.

12. Menuliskan proposal penelitian untuk pendaftar jenjang doktor.

Jadwal Lengkap Beasiswa LPDP Tahap 2

1. Pendaftaran beasiswa: 4 Juli-5 Agustus 2022

2. Seleksi Administrasi: 8-19 Agustus 2022

3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022

4. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus 2022-10 September 2022

5. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 15 September 2022

6. Seleksi substansi: 26 September-4 November 2022

7. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022.

Beasiswa LPDP sendiri terbagi tiga yakni beasiswa Afirmasi, Targeted, dan Umum. Beasiswa Afirmasi terbagi untuk afirmasi dalam dan luar negeri, beasiswa Putra Putri Papua, Daerah Afirmasi, Penyandang Disabilitas, dan beasiswa Prasejahtera.

Sementara untuk beasiswa Umum terbagi atas beasiswa reguler dalam dan luar negeri serta beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). Untuk beasiswa Targeted disediakan untuk beasiswa Kewirausahaan dan beasiswa untuk PNS, TNI, dan Polri.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8379 seconds (0.1#10.140)